Zona Berita

MPR RI Ajak Mahasiswa Jaga Pancasila, Perangi Korupsi dan Narkoba

ZONADAMAI.COM – Salah satu masalah dan tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah adanya paham-paham yang mencoba mengganti ideologi Pancasila. Salah satu upaya yang telah dilakukan Pemerintah adalah mengeluarkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang tentang Organisasi Masyarakat (Perpu Ormas) dan telah membubarkan satu ormas yang dinilai bertentangan dengan Pancasila.

“Kita harus melawan bersama-sama paham-paham radikal itu. Sebab, paham-paham itu telah memecah bangsa,” kata Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Mahyudin ketika memberi pengantar sosialisasi empat pilar MPR kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Udayana, Denpasar, Bali, Rabu, 20 September 2017. Hadir pula sebagai narasumber anggota MPR dari Partai Golkar, Hetifah. Acara ini juga dihadiri Wakil Rektor III Universitas Udayana I Made Sudarma.

Empat pilar yang sedang disosialisasikan itu, kata Mahyudin, telah mempersatukan ribuan pulau, suku, bahasa, juga agama.

“Empat pilar adalah alat pemersatu. Kita mempunyai perekat, yaitu Pancasila. Masyarakat sebenarnya menyadari adanya perekat itu. Masyarakat harus memahami ideologi,” tuturnya.

Mahyudin juga mengajak mahasiswa untuk bersama-sama memerangi korupsi dan narkoba. Korupsi sudah menjadi budaya. Korupsi tidak hanya terjadi di pusat, tapi juga di daerah. Mulai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) hingga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Dari pejabat eselon I sampai kepala desa.

“Negara ini tidak akan maju kalau masih ada korupsi. Korupsi harus dihilangkan jika Indonesia mau maju. Kita sepakat korupsi harus diperangi bersama,” ujarnya.

Soal narkoba, Menurut Mahyudin, berdasarkan data Badan Narkotika Nasional (BNN), ada 50 orang meninggal dunia setiap harinya karena narkoba. “Kasus yang terbaru adalah PCC di Kendari. Beberapa pelajar menjadi korban. Kita harus sama-sama memerangi narkoba,” imbaunya.[*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s