Zona Berita

102 Pemuda Aceh ke Timur Tengah, Ada Apa?

mahasiswa-aceh-ke-kairo

ZONADAMAI.COM – Gubernur Aceh Irwandi Yusuf, Sabtu (16/9/2017) melakukan peusijuk dan melepas 102 pemuda Aceh untuk diberangkatkan ke Timur Tengah. Acara yang berlangsung di Banda Aceh itu, diwakili Sekda Dermawan MM di Anjong Mon Mata.

Para pemuda Aceh tersebut adalah para mahasiswa hasil seleksi nasional yang dilaksanakan Kementerian Agama (Kemenang) RI secara serentak di 12 UIN Se-Indonesia pada Mei lalu. Peserta dari Aceh yang lulus ada 119 orang, namun yang bisa berangkat 102 orang.  Sedangkan tahun sebelumnya, peserta tes dari Aceh 281 orang, namun yang lulus hanya 26 orang.

Ketua Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, Tgk H Muhammad Fadhil Rahmi Lc  mengatakan, proses seleksi peserta dari Aceh tahun ini dilaksanakan di UIN Ar Raniry. Peserta tes berjumlah 240 pemuda-pemudi Aceh yang berasal pesantren modern dan dayah tradisional, serta madrasah negeri dan swasta dari seluruh kabupaten/kota di Aeh. Peserta yang lulus seleksi 119 orang dengan nilai passing grade 6,5 sebagai syarat kelulusan.

Fadhil Rahmi berharap, mereka yang telah dinyatakan lulus untuk mengikuti pendidikan di Timur Tengah bisa mencetak sejarah keilmuaan yang menonjol dan bisa membantu membangun daerah setelah pendidikannya selesai.

“Mereka adalah duta-duta Aceh yang nantinya diharapkan berkiprah mengembangkan keilmuan di Aceh sepulang dari Timur Tengah,” ujar Fadhil yang didampingi Ketua Pengurusan Pendidikan IKAT ke Timur Tengah, T Tasqa Alaidin, Lc.[*]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s