Zona Berita

Wow! Ekonomi Membaik dan Mulai Sadar Bayar Pajak, Pertumbuhan PPN Naik 15%

WOW.jpg

Sumber: Okezone.com

JAKARTA – Badan Anggaran (Banggar) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) mengadakan rapat kerja (raker) dengan panitia kerja (panja) untuk membahas lanjutan mengenai asumsi dasar makro yang ada di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2018.

Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Suahasil Nazara memaparkan realisasi penerimaan perpajakan per Agustus 2017 dan outlook untuk 2018. Menurutnya dibandingkan dengan 2016, pertumbuhan penerimaan perpajakan hingga Agustus 2017 sudah mencapai Rp780 triliun dari tahun lalu itu Rp709,5 triliun. Pencapaian dalam APBN-nya di 2017 ini 53%, sedangkan tahun lalu itu per Agustus itu masih 46%.

“Jadi secara total besaran ada perbaikan, dan kalau kita lihat menurut detil penerimaannya, PPh Non migas itu sudah 51% di tahun ini dibandingkan tahun lalu yang 42,3%. Pertumbuhannya adalah 9,0%,” ungkapnya di Ruang Rapat Banggar, Jakarta, Senin (18/9/2017).

Sementara itu, untuk PPN dan PPnBM tahun ini sudah mencapai 56,4% dari target dan tahun lalu di akhir Agustus 48,9%. Artinya ada pertumbuhan di PPN ini 15,6%. Sehingga Suahasil meyakini pertumbuhan ini cukup membuat Kemenkeu punya keyakinan tahun 2017 ini akan baik. Selain itu dirinya menilai dengan capaian ini maka di akhir tahun 2017 akan semakin membaik.

“Pertumbuhan 15,6% ini menurut pengamatan kami di dapat karena ada perbaikan compliance atau perbaikan kepatuhan dalam PPN di samping juga pergerakan ekonomi yang pertumbuhannya lebih tinggi dibandingkan tahun lalu. Jadi kalau pertumbuhan ekonomi lebih tinggi biasanya PPN kita itu juga meningkat, dan inilah tercermin dalam pertumbuhan 15,6% tersebut,” jelasnya.

Sedangkan untuk cukai pertumbuhannya sudah mencapai 3,2% dibandingkan tahun lalu. Karena hal inilah ia merasa cukai perlu diperhatikan dengan agak hati-hati, karena meskipun ini adalah salah satu penerimaan negara, tetapi Pemerintah juga tidak bisa meningkatkan cukai karena akan menimbulkan masalah bagi banyak masyarakat. Sementara itu, untuk bea masuk telah tumbuh sebesar 7,2% dan bea Keluar tumbuh 20,8%.

“Pertumbuhan bea keluar yang 20,8% ini tidak lepas dari pertumbuhan ekspor Indonesia. Jadi dengan ekspornya meningkat, harga komoditas meningkat, Bea Keluar kita juga biasanya mengalami peningkatan. Nah, kalau kita melihat pertumbuhan 20,8%, memang cukup memberi keyakinan kepada kita, namun kalau bea keluat ini basisnya kecil, jadi nilainya hanya sekitar Rp2,3 triliun dibandingkan penerimaan-penerimaan yang lain. PPN Migas tumbuh 62,8%. ini lebih disebabkan karena adanya peningkatan harga minyak dunia. Jadi memang ada peningkatan penerimaan dari yang bersumber migas,” paparnya.

Lanjut Suahasil, dirinya juga merinci mengenai PPh Nonmigas yakni terdiri dari PPh Badan dan PPh Orang Pribadi yang mengalami peningkatan masing-masing naik 17,8% dan 5,3% dibandingkan tahun 2016 lalu atau secara year on year (yoy). Peningkatan PPh OP hanya 5,3% ini tidak lepas dari adanya peningkatan penghasilan tidak kena pajak (PTKP), dimana tahun lalu ditingkatkan sehingga dampaknya di 2017 ini langsung cukup terasa sehingga di 2018 akan bisa dikembalikan Pemerintah ke jalur yang normaal seperti sebelumnya.

Selanjutnya untuk PPh Pasal 22 terkait dengan impor pertumbuhannya juga masih besar sekitar 46,9% dibandingkan tahun 2016. Hal ini dikarenakan ada peningkatan impor yang positif yang dilakukan Indonesia. Selain itu, PPN/PPnBM Dalam Negeri juga ada peningkatan pertumbuhan sekitar 13,8% ini per Agustus, dan PPN/PPnBM Impor meningkat juga sekitar 56%.

“Jadi kita memiliki bayangan bahwa tahun ini kalau kita teruskan saja, memperhatikan ini ke depan, harusnya penerimaan tetap cukup dijaga meskipun kita harus terus memperhatikan risiko-risiko yang mungkin muncul dari kondisi ekonomi Indonesia ke depan,” tukasnya.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s