Zona Hukum

Polisi Tangkap Pengedar 1.006 Pil PCC di Papua

Kapolda Papua, Irjen Pol Boy Rafli Amar memperlihatkan barang bukti dan tersangka yang terlibat dalam pengiriman ribuan pil PCC.

ZONADAMAI.COM: Aparat Polda Papua menangkap seorang perempuan berinisial S (25) karena terlibat kepemilikan 1.006 pil Paracetamol, Caffeine, Carisoprodol (PCC). Pengiriman seribu pil PCC itu terungkap setelah pihak ekspedisi JNE Padang Bulan, Distrik Abepura, Kota Jayapura, mencurigai sebuah paket dan melaporkan ke polisi.

“Ada pengiriman barang-barang yang mencurigakan, di mana barang tersebut dipesan oleh seseorang yang saat ini telah diamankan. Dari barang-barang yang dicurigai tersebut dilakukan pemeriksaan dan ditemukan barang bukti yang kita telah amankan,” kata Kapolda Papua Irjen Boy Rafli Amar, Senin (18/9/2017).

“Tersangka atas nama S, perempuan, 25 tahun, Ibu rumah tangga. Barang bukti berupa 101 bungkus plastik bening, ukuran kecil, yang berisikan 1.006 butir PCC Somadril Compasitum,” sambung Boy.

Mantan Kadiv Humas Polri ini mengaku Polda Papua masih terus mengembangkan jaringan penjual PCC ini. Dia menduga aksi menyelundupkan pil PCC sudah berulang kali dilakukan tersangka.

“Diduga bukan hanya kali ini, penyidik masih mengembangkan,” ujar Boy.

Boy mengapresiasi sikap proaktif JNE dan menjelaskan kerja sama aparat dengan penyedia jasa ekspedisi dibutuhkan karena banyak penyelundup barang melancarkan aksinya dengan memanfaatkan layanan kurir antar-jemput paket.

“Terima kasih kepada jasa kurir atas kerja sama yang baik ini karena yang diangkut dengan jasa kurir udara maupun laut patut diduga barang-barang terlarang yang melanggar hukum. Kita sudah semakin sadar di mana barang-barang yang masuk di Timika dan Jayapura telah masuk melalui jasa resmi,” tutur Boy.

Atas perbuatannya, tersangka S dijerat Pasal 196 dan 198 Undang-Undang Kesehatan dan Undang-Undang Perlindungan Konsumen dengan ancaman hukuman penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp 1 miliar.

 

Sumber : detik.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s