Zona Berita

Kunjungi KIAT Motor, Jokowi Dukung Kendaraan Pedesaan

KIAT

Sumber: Krjogja.com

Presiden RI Joko Widodo melihat prototipe kendaraan pedesaan Kiat Mahesa, di Bengkel Kiat Motor, Klaten, Minggu (17/09/2017) malam. Presiden akan mendorong dan mendukung  rencana produksi kendaraan yang diproyeksikan untuk mempermudah transportani petani tersebut.

 

“Ini ada ide-ide, gagasan yang sudah jadi barang. Sama seperti dulu mobil esemka, dibangun dari UKM-UKM, diintegrasikan dengan Esemka lalu jadi mobil. Tahapan berikutnya ada sertifikasi, ada uji emisi, dan sebagainya. Pemerintah  memberikan dukungan penuh,” kata Presiden.

 

Lebih lanjut Presiden mengemukakan, produk Kiat Mahesa  belum uji emisi dan sertifikasi, sehubungan hal itu pemerintah akan mendorong agar segera mendapatkan sertifikasi dan uji emisi.

 

“Tetapi setelah itu apa, itu yang saya tanyakan pada Pak Kiat. Bisnisplanya seperti apa? Bisa memproduksi tapi nanti marketingnya seperti apa, siapa yang membeli? Tidak semudah itu. Orang bertanya juga mobil Esemka sudah sertifikasi dan uji emisi, tetapi apakah visibel untuk dipasarkan, apakah bisa berkompetisi, bersaing. Pertanayaan itu harus dijawab oleh industri. Tugas pemerintah memberi dorongan agar ide seperti ini bisa masuk ke pasar,” kata Presiden pula.

 

Karena itu, Presiden akan dorong agar kendaraan pedesaan Kiat Mahesa segera mendapatkan sertifikasi dan uji emisi. Selanjutnya Presiden meminta agar bisnisplan harus sudah jelas. “Dipasarkan kepada siapa, harga berapa, apa bisa bersaing, misal dengan produk Korea, Cina dan Jepang, karena ini masalah persaigan di pasar. tapi Apapun pemerintah harus tetap mendukung produk dalam negeri seperti ini,” tambah Presiden pula.

 

Sukiyat menjelaskan, pabrik belum dibuat, namun diharapkan Agustus 2018 kendaraan pedesaan sudah bisa diproduksi. Kendaraan pedesaan ada tiga jenis, yakni doble kabin, pick up dan casis saja. Kendraaan itu akan dijual dengna harga berkisar Rp 70 juta, Rp 60 juta dan Rp 50 juta. Kelebihan dari kendaraan pedesaa yakni daya angkut tinggi dan multi guna.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s