Zona Berita

Di Area Car Free Day, Mahasiswa Implementasikan Mata Kuliah Pancasila

pancasila-car free day

Jakarta-ZONADAMAI.COM: Tiga ratusan mahasiswa baru dari Universitas 17 Agustus 1945, Jakarta memanfaatkan kawasan bebas kendaraan bemotor (Car Free Day) Jl. Thamrin Jakarta untuk menggelar kuliah Pancasila.

Minggu pagi (17/9/2017)  para mahasiswa dengan berpakaian seragam berwarna merah cerah memanfaatkan area yang sering digunakan sebagai ajang berolahraga atau menyampaikan aspirasi bagi masyarakat atau komunitas itu untuk mengimplementasikan pemahaman Pancasila-nya dengan berbagai aksi, seperti berorasi.

Anton, seorang dosen mata kuliah Pancasila Fakultas Hukum mengatakan, kuliah Pancasila tersebut dilakukan khusus bagi mahasiswa baru dari berbagai fakultas dan jurusan. Ada sekitar 350 mahasiswa ikut tergabung dalam mata kuliah tersebut. Menurut dia, kegiatan kuliah itu sengaja tidak dilakukan di dalam kelas.

Anton menuturkan kegiatan tersebut sengaja diwajibkan kepada mahasiswanya agar mereka kembali mengingat nilai-nilai Pancasila yang mulai luntur di kalangan mahasiswa. Menurut dia, sudah saatnya mahasiswa memperjuangkan kembali nilai Pancasila dengan menyuarakannya kepada masyarakat. Kegiatan ini  sudah berjalan sejak tiga tahun lalu. Setiap kali pertemuannya, dosen yang didampingi oleh senior sebagai mentor akan memberikan tema yang berbeda-beda.

“Untuk pertemuan kali ini, mahasiswa harus memberikan aksi yang berkaitan dengan Ketuhanan yang Maha Esa, sila pertama,” ujar Anton.

Para mahasiswa dibagi ke dalam berbagai kelompok dengan misi yang berbeda-beda. Mereka bisa menyuarakan sikap toleransi beragama atau kebebasan beragama. Adapun bentuk aksinya boleh dalam bentuk menggelar spanduk, drama, atau bernyanyi bersama. “Setelah itu, mereka diminta mengevaluasi reaksi masyarakat,” ujar Anton.

car free daya jakarta

Andre Alfian, mahasiswa teknik mesin, mengaku antusias dengan kegiatan kuliah di luar kelas. Menurut pria 20 tahun ini, ia bisa dengan bebas mengungkapkan ide dan gagasannya di lapangan. Apalagi, kata dia, setiap orang memiliki pemahaman akan Pancasila yang berbeda-beda.

“Di kelas itu cuma materi, sementara di sini praktiknya. Saya mendukung kegiatan ini karena bisa menambah kekompakan dan soliditas untuk menyuarakan nasionalisme dari Pancasila,” ujar Andre yang berharap kuliah di arena car free day ini diteruskan. [*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s