Zona Berita

Turun 50% ! Harga Semen di Papua Jadi Rp 500.000/Sak

Sumber: detik.com

 

Puncak Jaya – Disparitas harga Semen di Jawa dan Papua berada di angka yang cukup tinggi. Harga semen di Jawa secara rata-rata Rp 60.000 per sak, sedangkan harga semen di Papua pegunungan seperti Puncak Jaya berkisar antara Rp 1-2 juta per sak.

Mulai Agustus 2017 ini ada penurunan harga hingga menjadi Rp 500 ribu per sak yang akan berlaku di 7 kabupaten yakni Kabupaten Jayawijaya, Puncak Jaya, Tolikara, Lanny Jaya, Nduga, Yalimo, dan Mamberamo Tengah.

Direktur Pemasaran dan Supply Chain Semen Indonesia, Ahyanizzaman mengatakan, upaya menurunkan harga semen di Papua ini dilaksanakan salah satu anak usaha Semen Indonesia, yaitu Semen Tonasa.

“Pengiriman Semen dilakukan dari Makassar ke pelabuhan Pomako Timika dengan volume 312 ton. Kemudian dari Timika ke Wamena menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU yang mampu memuat semen hingga 12 ton dengan satu kali penerbangan,” kata Ahyanizzaman disela-sela kunjungannya ke Puncak Jaya, Jumat (11/8/2017).

Ahyanizzaman mengatakan, dengan menggunakan Hercules diharapkan dapat menekan biaya logistik udara ke Wamena, karena tidak ada akses lain menuju ke Wamena kecuali melalui jalur udara.

Selain pesawat Hercules milik TNI AU, kata dia, pasokan semen ke Wamena melibatkan maskapai pesawat kargo komersil yaitu TriMG, yang mampu mengngkut 31 ton per hari.

Ia menjelaskan, di Wamena PT. Semen Indonesia (Persero) bersama PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) akan melakukan pengendalian dan pengawasan penyaluran semen menuju kabupaten lainnya. Sebab, pengiriman akan dilakukan secara terintegrasi melalui jalur darat, laut, hingga udara.

“Kerja sama diprioritaskan untuk pengiriman semen ke daerah di Papua yang tingkat disparitasnya tinggi” pungkas Ahyanizzaman.

Advertisements

Categories: Zona Berita, Zona Ekonomi, Zona Sosial

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s