Zona Berita

The 14th China-ASEAN Expo 2017, Indonesia Eximbank Ikut Berperan

Sumber: detik.com

Nanning -Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendukung upaya pemerintah dalam kegiatan promosi ekspor. Upaya itu dilakukan mengingat promosi merupakan ujung tombak untuk memperkenalkan barang dan jasa Indonesia di pasar internasional.

Dukungan Eximbank diwujudkan dengan mengikuti pameran dagang the 14th China-ASEAN Expo (CAEXPO) 2017 di Nanning, China. Pameran yang digelar rutin setiap tahunnya ini bertujuan sebagai platform ‘business matching’ antara pelaku usaha dari 10 negara di kawasan ASEAN dan importir dari China selaku tuan rumah.

Indonesia diwakili oleh Kementerian Perdagangan dalam hal ini Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (DJPEN) yang mengirim 52 eksportir nasional serta Indonesia Eximbank. Eksportir Indonesia yang berpartisipasi antara lain bergerak di sektor makanan dan minuman, consumer goodhomedecoration, serta furnitur.

Dalam pameran CAEXPO ke 14 ini, Indonesia Eximbank bersama Kementerian Perdagangan menempati paviliun city of charm dengan luas 108 meter persegi. Kehadiran Indonesia Eximbank merupakan perwujudan komitmen institusi untuk mendukung setiap langkah promosi dagang pemerintah baik dalam bentuk pameran, misi dagang, dan misi pembelian.

Sementara untuk booth 52 eksportir nasional akan berada di paviliun Indonesia dengan luas 2.160 meter persegi . Di sana, ditampilkan kebudayaan Tanah Air berupa tarian dan pengenalan pariwisata Indonesia.

“Kita harus gencar promosi ekspor ke China untuk menyeimbangkan hubungan perdagangan Indonesia dengan China. Mengacu pada target ekspor tahun ini, strategi pengembangan pasar ekspor produk Indonesia di China menjadi hal yang kita perhatikan,” tegas Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Arlinda di sela kunjungan kerja ke Nanning.

Menurut Arlinda dengan adanya upaya promosi ekspor ke China, para pelaku usaha Indonesia diharapkan mampu mengembangkan pasarnya di China secara mandiri.

“Peluang dalam CAExpo ini dapat memberikan kesempatan baik untuk memulai interaksi bisnis, memperluas pasar di China, dan meningkatkan perdagangan ekspor Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Pelaksana Indonesia Eximbank yang membawahi unit Pembiayaan UKME serta Penjaminan dan Asuransi Indra W Supriadi berharap kehadiran Indonesia Eximbank pada CAEXPO 2017 dapat membuat perdagangan antara China dan Indonesia lebih meningkat dan menguntungkan.

Sekadar informasi, China dan ASEAN merupakan mitra dagang penting bagi Indonesia dengan nilai ekspor nonmigas masing-masing mencapai US$ 10,7 miliar dan US$ 18,2 miliar selama periode Januari-Juli 2017. Bagi Indonesia Eximbank, China dan ASEAN merupakan destinasi utama ekspor dari sejumlah debitur.

Pada 2016, ada 54 debitur yang memasarkan produk ekspornya ke China dengan nilai penjualan mencapai US$ 1,1 miliar dengan komoditas terbesar seperti batubara, pulp, kertas, besi baja, dan bahan kimia anorganik. Untuk ASEAN, ada 75 debitur dengan nilai penjualan mencapai US$ 1,5 miliar dengan komoditas terbesar berupa kertas, perhiasan, mineral, CPO, dan bahan kimia organik.

Peluang untuk melakukan diversifikasi produk ekspor di kedua destinasi tersebut pun masih sangat terbuka. Karenanya, dalam pameran dagang ini Indonesia Eximbank berkesempatan memperkenalkan peran institusi dan fasilitas yang dapat diberikan.

Produk-produk yang diberikan meliputi pembiayaan, penjaminan, dan asuransi ekspor kepada pelaku usaha China dan negara-negara ASEAN lainnya, terutama untuk overseas financing seperti buyers credit.

Di samping itu, ada manfaat lain dengan mengikuti promosi ekspor ini. Manfaat itu mulai dari mengetahui tren permintaan produk di Tiongkok dan ASEAN, mengidentifikasi persaingan produk Indonesia dengan negara ASEAN lainnya, menambah jejaring dan menjaga hubungan baik dengan pelaku usaha di negara-negara tersebut, serta pertemuan dengan distributor produk Indonesia dan pelaku usaha Indonesia yang telah membuka bisnis di China.

Selain itu, diharapkan Indonesia Eximbank dapat semakin mendukung penetrasi pasar melalui diversikasi produk yang bernilai tambah. Sebab, hal itu sejalan dengan mandat UU Nomor 2 Tahun 2009 dalam mendukung program ekspor nasional.

Sebelumnya, Indonesia Eximbank juga berpartisipasi dalam promosi ekspor lainnya yaitu misi dagang ke Nigeria dan Afrika Selatan, misi dagang ke Rusia, dan Trade Expo Indonesia (TEI). Dengan mengikuti promosi ekspor diharapkan kinerja ekspor nasional dapat terus tumbuh dan semakin berkontribusi pada pertumbuhan industri dalam negeri dan perekonomian bangsa.

 

Advertisements

Categories: Zona Berita, Zona Ekonomi

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s