Zona Berita

Kerusuhan di Intan Jaya Papua, Massa Bakar Kantor Pemerintahan

Massa bakar kantor pemerintahan di Intan Jaya, Papua.

ZONADAMAIN.COM: Kerusuhan pecah di Sugapa, Ibu Kota Kabupaten Intan Jaya, Papua, Rabu (30/8) malam. Kerusuhan terjadi pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pilkada Intan Jaya yang memenangkan pasangan nomor 3 Natalis Tabuni dan Yann Robert Kobogoyauw.

Putusan itu sekaligus menganulir putusan KPU setempat yang sebelumnya menetapkan pasangan nomor 2 Yulius Yapugau dan Yunus Kalabetme Pasangan nomor urut 2, yang diusung Partai PDI Perjuangan dan PKB, sebagai pemenang.

Sejumlah kantor pemerintahan dibakar massa sejak Rabu malam. Hingga kini, belum diketahui apakah ada korban dalam peristiwa itu. Kantor yang dibakar di antaranya kantor Bappeda, Dinas Kesehatan, dan Badan Keuangan serta Aset Daerah setempat.

Kepala Dinas Olah Raga dan Pemuda Kabupaten Intan Jaya Darmanto mengonfirmasi pembakaran sejumlah kantor pemerintahan itu.

“Ya benar ada rusuh di Sugapa,” kata Darmanto, Kamis (31/8).

Diungkapkan dia, pembakaran aset Pemda Kabupaten Intan Jaya itu mulai sejak siang hari Rabu (30/8) kemarin.

Kronologi kerusuhan itu, massa berkumpul di depan Kantor Bupati, selanjutnya menuju arah belakang kantor DPRD. Lalu ada massa memasuki Kantor Inspektorat dan diduga menyalakan api di dalam kantor tersebut menggunakan solar dan disiram di atas meja dan ke atas. Namun api bisa dipadamkan anggota polisi yang melaksanakan penjagaan.

Kemudian, asap mulai terlihat di atas atap kantor Dinas Perhubungan. Polisi berhasil memadamkannya. Usai memadamkan api di kantor dinas perhubungan, Polisi kemudian melihat api telah membakar kantor Dinas Kesehatan dan kantor lainnya.

Juru Bicara Polda Papua Kombes Ahmad Mustafa Kamal membenarkan terbakarnya sejumlah kantor pemerintahan di Intan Jaya.

“Saat ini sedang didata,” ucap Kamal.

Dari informasi terakhir yang berhasil dihimpun, pasukan Brimob yang berasal dari Sulawesi Selatan sedang bersiap menuju Timika untuk selanjutnya ke Intan Jaya guna melaksanakan pengamanan.

 

Sumber : www.swamedium.com

Advertisements

Categories: Zona Berita

Tagged as: , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s