opini

Jajaran Polres Diminta Cegah Konflik Sosial

Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail.

ZONADAMAI.COM: Kapolda Gorontalo Brigjen Polisi Rachmad Fudail meminta jajaran Kapolres, untuk mencegah terjadinya konflik sosial di daerah masing-masing.

“Ingat konflik sosial itu diawali dari kasus-kasus yang kecil seperti penganiayaan. Sekecil apapun kasus penganiayaan agar diselesaikan secara tuntas dan jangan dibiarkan hingga berdampak terjadinya konflik,” kata Kapolda, Senin (28/8).

Salah satu pencegahan itu, kata dia dengan melakukan pemberantasan pereedaran minuman keras dan segera melaporkan hasilnya. “Saya minta semuanya harus konsisten, jangan ada yang menjadi pengkhianat bagi organisasi, jika ada anggota yang terlibat agar ditindak tegas dan jangan dilindungi.”

Dia juga menekankan kepada jajaran Polres untuk melakukan pendekatan kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat termasuk juga aparat pemerintah di wilayah masing-masing dalam menyelesaikan persoalan-persoalan yang terjadi.

Sementara, Kabid Humas Polda Gorontalo AKBP Wahyu Tri Cahyono menambahkan, pencegahan Konflik sosial menjadi prioritas Polri termasuk Polda Gorontalo.

“Karena dampak yang ditimbulkan jika terjadi konflik sosial adalah lumpuhnya pemerintahan, semua aktifitas pembangunan akan terhenti karena sibuk mengatasi konflik tersebut.”

Konflik sosial, kata dia, berbeda dengan kasus kriminal pencurian kendaraan bermotor misalnya, meski dalam satu wilayah terjadi 10 curanmor tidak berdampak kepada jalannya pemerintahan.

“Akan tetapi jika di daerah tersebut terjadi konflik sosial, maka pastinya jalannya roda pemerintahan akan lumpuh. Di sana sini rusuh dan masyarakat juga tidak berani keluar rumah melakukan aktifitasnya, maka dari itu mencegah konflik sejak dini mulai dari kasus-kasus yang kecil.”

 

Sumber : www.aktual.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s