Zona Politik

Ini Harapan Keuchik di Aceh Timur Kepada Irwandi-Nova

ZONADAMAI.COM – Keuchik (Kepala Desa) di Aceh Timur yang tergabung dalam wadah Dewan Pimpinan Cabang-Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPC-APDESI) Aceh Timur meminta kepada gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah prioritaskan program pro rakyat di pedesaan dalam susunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) karena dianggap perlu untuk memberdayakan perekonomian masyarakat di pedesaan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua DPC APDESI Aceh Timur Mahyuddin Kubar melalui rilis kepada awak media, Senin (3/7).

Ia menambahkan, pasangan gubernur dan wakil gubernur yang akan dilantik nantinya harus fokus pada pembangunan yang sifatnya sangat mendasar, seperti pertanian, perikanan, peternakan dan usaha kecil masyarakat lainnya.

“Karena tidak akan berarti infrastruktur yang megah kalau untuk membajak sawahnya saja masyarakat masih kewalahan, di lain sisi masyarakat nelayan juga mengeluh dengan berbagai hasil tangkapan yang kian merosot akibat ulah nelayan asing yang menjarah ikan di perairan Aceh, belum lagi persoalan dangkalnya muara yang menjadi hambatan bagi kelancaran boat para nelayan yang keluar masuk,” katanya.

Menurutnya, masih ada berbagai kendala yang belum mampu terjawab dengan menggunakan anggaran desa dalam waktu yang singkat. Karenanya masyarakat pedesaan sangat berharap program pro rakyat di pedesaan akan mampu menjawabnya.

Dia juga menyebutkan, setiap tahunnya ribuan muda mudi di seluruh Aceh tamat sekolah dan kuliah, populasi masyarakat juga kian bertambah, namun tidak diiringi dengan pembukaan lapangan pekerjaan yang memadai sehingga pengangguran berserakan.

“Sekarang yang dapat pekerjaan justru orang-orang mapan melalui berbagai paket yang diciptakan, sementara masyarakat yang pengangguran saban tahun tidak mendapat pekerjaan, hal itu harus menjadi perhatian serius bagi duet Irwandi-Nova ke depan,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s