Zona Politik

Mendagri Dijadwalkan 4 Juli Sudah Tiba di Banda Aceh

ZONADAMAI.COM – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, dijadwalkan akan berangkat dan tiba di Aceh, Selasa (4/7). Kedatangan Tjahjo untuk melantik gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah di hadapan Ketua Mahkamah Syar’iyah dalam sidang paripurna istimewa di Gedung DPRA, Rabu (5/7).

“Mendagri akan berangkat Selasa ke Banda Aceh dalam rangka pelantikan (Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah),” kata Direktur Otonomi Khusus (Otsus) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Drs Safrizal ZA MSI, Sabtu (1/7).

Ia mengatakan, Mendagri akan berangkat bersama istrinya serta Direktur Jenderal Otonomi Daerah (Dirjen Otda) Kemendagri Dr Soni Sumarsono MDM, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Mayjen TNI (Purn) Soedarmo, Direktur Otsus Kemendagri Drs Safrizal ZA MSI, dan anggota rombongan lainnya.

Safrizal mengatakan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh berlandaskan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2006 tentang Pemerintahan Aceh di mana pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan oleh Mendagri mengatasnamakan Presiden di hadapan Ketua Mahkamah Syar’iyah dalam sidang paripurna istimewa di Gedung DPRA.

Berbeda dengan pelantikan gubernur dan wakil gubernur provinsi lain yang menggunakan landasan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada di mana para gubernur dan wakil gubernur terpilih dilantik secara bersamaan oleh Presiden RI di Istana Negara, Jakarta.

Terkait adanya rencana kehadiran Presiden Jokowi pada pelantikan Irwandi-Nova, pria asal Banda Aceh ini belum bisa memastikan. Sebab, katanya, pada 3 Juli 2017 Presiden akan terbang ke Turki. “Belum dapat informasi apakah mungkin singgah di Aceh (saat kembali dari Turki),” ujarnya.

Akan tetapi, Safrizal mengatakan dirinya sudah meminta bantu kepada Sekretaris Negara (Setneg) untuk mengatur waktu agar jika memungkinkan Presiden bisa menghadiri pelantikan Irwandi-Nova pada 5 Juli mendatang. “Namun by WA (WhatsApp) kami sudah sampaikan ke Setneg bahwa jika memungkinkan singgah di Aceh,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s