Zona Politik

Mendagri: Ada Upacara di Istana Setelah Pelantikan Irwandi-Nova di Aceh

ZONADAMAI.COM – Pemerintah Republik Indonesia segera melantik pasangan gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih, Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah pada 5 Juli mendatang. Keduanya menggantikan gubernur dan wakil gubernur periode 2012-2017, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan pelantikan gubernur dan wakil gubernur Aceh dilakukan di Banda Aceh.

“Berdasarkan undang-undang begitu (teknisnya). Nanti ada upacara di Istana setelah pelantikan di Banda Aceh,” kata Tjahjo dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis (29/6).

Berdasarkan UU Nomor 11 Tahun 2006 tentang pemerintahan Aceh, pada pasal 69 menyebutkan gubernur dan wakil gubernur Aceh yang baru dilantik dan diambil sumpahnya oleh Mendagri atas nama Presiden Republik Indonesia di hadapan ketua mahkamah syariah. Pelantikan dilakukan oleh sidang istimewa DPR Aceh.

Tjahjo melanjutkan, gubernur dan wakil gubernur merupakan tangan kanan Presiden, karenanya tetap ada upacara di Istana Negara setelah pengambilan sumpah jabatan.

Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah terpilih sebagai gubernur dan wakil gubernur Aceh periode 2017-2022 setelah memperoleh 898.710 suara dari 2,4 juta lebih suara sah pemilihan Gubernur Aceh. Pasangan calon (paslon) ini berhasil mengungguli empat kandidat gubernur dan calon wakil gubernur Aceh lainnya.

Ini akan menjadi periode kedua bagi Irwandi Yusuf memimpin Aceh. Politikus Partai Nanggroe Aceh (PNA) itu pernah menjabat sebagai gubernur Aceh pada periode 2007-2012.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s