Zona Politik

Demi Kepentingan Bupati dan Walikota dari Partai Aceh, Azhari Cagee Minta Qanun Dana Otsus Direvisi

ZONADAMAI.COM – Anggota Komisi III DPRA, Azhari Cagee meminta pimpinan DPRA untuk merevisi Qanun Nomor 10 tahun 2016 tentang Tata Cara Pengalokasian Tambahan Dana Bagi Hasil Minyak dan Gas Bumi serta Penggunaan Dana Otonomi Khusus.

Dalam qanun itu disebut, mulai 2017 ini pemerintah kabupaten/kota tidak lagi mendapat transferan dana otsus sebanyak 40 persen. Dana otsus akan sepenuhnya dikelola oleh Pemerintah Aceh.

Ini yang kemudian diminta Azhari Cagee, agar qanun itu direvisi, menurutnya dana otsus dikelola seperti biasa, yaitu 40 persen ditransfer ke pemerintah tingkat dua seperti tahun-tahun sebelumnya. Azhari Cagee mengatakan, pemerintah tingkat dua lebih membutuhkan dana otsus tersebut, agar menunjang pembangunan yang optimal di daerah.

Menurut Azhari Cagee, dua bupati dan satu walikota yang diusung Partai Aceh, yakni Aceh Utara, Aceh Timur dan Lhokseumawe sudah melayangkan surat kepada DPRA terkait kebijakan tersebut.

“Mereka menolak kebijakan tersebut, mereka ingin dana otsus tetap ditransfer ke kabupaten/kota seperti sebelumnya, agar pembangunan di daerah maksimal. Karena bagaimanapun, kepala daerah tingkat dua beserta unsurnya lebih tahu laju pembangunan daerah,” ujar Azhari Cagee.

Atas permintaan Azhari Cagee itu, Ketua DPRA Tgk Muharuddin berjanji akan menindaklanjuti segera hal tersebut. Usai hari raya Idul Fitri, ia akan berkoordinasi dengan Badan Legislasi (Banleg) untuk melakukan audiensi dengan bupati atau wali kota dari tiap kabupaten.

“Nanti kita coba hearing bersama, apa yang menjadi keberatan dari bupati dan wali kota ini. Masukan akan ditindaklanjuti, apakah nantinya (qanun) akan direvisi, itu tergantung hasil audiensi tersebut,” sebut Tgk Muharuddin.

Namun ia menjelaskan, bahwa itu bukan menyahuti usulan Azhari Cagee yang notabenenya juga anggota DPRA. Tindak lanjut itu, murni dilakukan karena keberatan yang telah dilayangkan oleh sejumlah bupati/wali kota terhadap qanun tersebut.

“Jadi pertimbangannya itu, kita akan cermati bersama. Untuk sekarang saya rasa tidak mungkin lagi, insya Allah setelah lebaran,” demikian Tgk Muharuddin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s