Zona Politik

Senator Aceh Harus Bekerja Untuk Kepentingan Rakyat Bukan Untuk Kelompok Tertentu

ZONADAMAI.COM – Jabatan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merupakan amanah yang dititipkan oleh rakyat kepada mereka yang terpilih dan harus dipertanggungjawabkan. Oleh karena itu anggota DPD sudah seharusnya bekerja dan berkhidmat demi kepentingan rakyat, bukan untuk kepentingan pribadi atau golongan apalagi untuk kelompok tertentu.

Hal tersebut disampaikan oleh Anggota DPD RI Perwakilan Aceh Drs. H. Ghazali Abbas Adan saat menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan oleh Pemuda Dewan Dakwah Aceh (PDDA), Jum’at (16/6) sore di aula Fakultas Hukum Unsyiah, Banda Aceh.

“DPD RI merupakan wakil independen yang dipilih secara langsung oleh seluruh rakyat Aceh dan jabatan tersebut adalah amanah dari rakyat. Merupakan kewajiban bagi anggota DPD untuk meneruskan amanah dan memperjuangan rakyat. Anggota DPD harus peduli kepada rakyat serta berupaya semaksimal mungkin bekerja untuk kepentingan rakyat,” kata Ghazali Abbas.

Ghazali Abbas menambahkan DPD RI mempunyai fungsi legislasi, pengawasan dan penganggaran. Maka menjadi anggota DPD harus memiliki jiwa improvisasi dalam bekerja dan jangan hanya menunggu saja. Anggota DPD harus mampu dan berani berhadapan dengan pemerintah melalui menterinya untuk kesejahteraan rakyat.

Pada kesempatan itu Wakil Ketua Komite IV DPD RI juga menguraikan berbagai persoalan bangsa yang sedang terjadi. Diantaranya sistem pemerintahan yang hanya memikirkan diri sendiri, perpolitikan yang carut marut. kemudian kondisi ekonomi masyarakat semakin tergilas dan juga budaya sosial yang menurutnya telah melenceng dari nilai kebhinekaan dan Pancasila.

“Pancasila belum menjadi etos dan nilai moral para pengambilan kebijakan di negeri ini. Secara prosedur semuanya mengatakan pro Pancasila. Tapi secara fungsional dan substansinya mereka berlawanan dengan nilai moral yang terkandung dalam nilai moral pancasila tersebut,” ujar Ghazali Abbas.

Ghazali juga mengharapkan anggota DPD dan DPR RI asal Aceh dapat berkontribusi penuh untuk mewujudkan masyarakat Aceh yang sejahtera dan terpenuhi semua kebutuhan hidupnya.

Sementara itu Panitia Pelaksana dari PDDA Mario Nasa’i Gaspar mengatakan selain Ghazali Abbas Adan narasumber lainnya dalam sosialiasi ini adalah Ketua Pemuda Dewan Dakwah Aceh, Basri Effendi, SH. MH, M.Kn dan Dr Zahratul Idami SH MH (Pakar Hukum Tata Negara).

“Acara ini diikuti oleh 150 peserta yang terdiri dari Mahasiswa, Utusan Ormas, OKP Kepemudaan, Badan Eksekutif Mahasiswa dan Media Massa,” tutup Nasa’i.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s