Zona Politik

DPRA Kembali Rencanakan Kunjungan ke Luar Negeri

ZONADAMAI.COM – Kabar tidak sedap kembali mengemuka dari gedung Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Wakil rakyat yang duduk di gedung yang beralamat di Jalan Tgk. H. M. Daud Beureueuh, Kuta Alam, Kota Banda Aceh tersebut dikabarkan akan melakukan kunjungan kerja ke beberapa negara pada Juli mendatang.

Menurut informasi yang diterima, ada tiga negara yang akan dikunjungi oleh wakil-wakil rakyat itu, yakni Amerika Serikat, Australia dan Jepang. Dalam kunker itu, setiap negara akan diwakili oleh lima anggota dewan dan dua orang staf.

Sekretaris Dewan (Sekwan) Hamid Zein ketika dikonfirmasi kabar tersebut tidak banyak berkomentar banyak. Ia hanya menyampaikan kalau kunker itu baru sebatas wacana.

“Baru mau rencana, tapi belum ada surat menyurat,” kata Ayah Hamid -sapaan Hamid Zein- melalui pesan WhatsApp, Selasa (13/6).

Koordinator Gerakan Anti Korupsi (GeRAK) Aceh Askhalani mengkritik keras rencana kunker wakil rakyat itu. Ia mengungkapkan kunker yang dilakukan oleh anggota DPRA yang hampir setiap tahun diagendakan tidak ada manfaatnya bagi masyarakat Aceh.

“Memang setiap tahun itu agenda kunker, kami belum melihat efektifitas kunker yang bisa diterapkan di Aceh,” kata Askhalani kepada awak media, Selasa (13/6).

Bahkan, Askhalani mengatakan anggota dewan yang berangkat kunker adalah orang-orang yang sama yang didominasi Fraksi Partai Aceh. Pemerintah di bawah Irwandi Yusuf ke depan juga diminta harus berani mengambil sikap tegas untuk tidak mengakomodir kunker tersebut.

“Orang yang berangkat hanya orang-orang itu saja,” ujarnya.

Selain itu, kata Askhal, pihaknya pernah melakukan uji akses terkait hasil kunker anggota dewan. Hasilnya banyak temuan hasil kunker yang tidak bermanfaat bagi masyarakat Aceh. Sehingga uang yang digunakan untuk kunker menjadi sia-sia.

“Kami mengapreasiasi anggota dewan yang menolak untuk pergi kunker ke luar negeri. Ini bentuk bahwa anggota dewan tersebut peduli terhadap masyarakat Aceh, dan tidak ingin menghambur-hamburkan uang dengan jalan-jalan ke luar negeri,” katanya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s