Zona Hukum

Eks Kombatan GAM Beralih Jadi Bandar Narkoba, Tewas Tertembak

Kapolda Sumut Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel saat menunjukkan barang bukti narkotika jenis sabu di RS Bhayangkara Medan, Minggu (4/6/2017)

ZONADAMAI.COM – Petugas Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatra Utara (Sumut) terpaksa menembak mati dua bandar narkoba asal Aceh karena melakukan perlawanan saat akan ditangkap, pada Sabtu (3/6) malam. Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa 5 kilogram sabu-sabu dan sepucuk senjata api otomatis jenis Baretta beserta isinya.

Dalam paparan di RS Bhayangkara Medan, Minggu (4/6), Kapolda Sumut Irjen Polisi Rycko Amelza Dahniel mengatakan kedua bandar yang tewas ditembak itu adalah Mahdi alias Panglima Mahdi (43) eks kombatan GAM, warga Dusun Kuta Peutek, Desa Gureb Blang, Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh dan Zahri S (39), warga Deaa Kambam, Kecamatan Muara Baru. Sedangkan satu lagi tersangka yang ikut ditangkap tetapi tidak tertembak adalah Ridwan (43), warga Dusun Ingin Jaya, Desa Uram Jalan, Kecamatan Banda Alam.

Sepucuk pistol Baretta serta pasfoto Panglima Mahdi dan Zuhri yang disita polisi

Selain narkoba dan senjata api, petugas juga mengamankan barang bukti lain berupa satu unit mobil Honda Jazz warna Hitam bernomor polisi BK 38 DI. Rycko menjelaskan, penangkapan bandar narkoba tersebut berawal dari informasi bakal adanya pengiriman narkotika golongan 1 jenis sabu-sabu dari Aceh menuju Sumut.

Setelah melakukan penyelidikan dan mengumpulkan informasi, diketahui adanya sebuah mobil dari Aceh dengan nomor polisi BK 38 DI melewati Besitang, Kabupaten Langkat dan berada di kawasan tol Belmera, Tanjung Mulia, Medan. Ketika dikejar dan mobil tersebut dihadang, para penumpangnya berupaya melakukan perlawanan dengan menggunakan senjata api sehingga petugas melakukan tindakan tegas dan terukur.

“Saat disergap yang bersangkutan menodongkan pistol kepada anggota, sehingga dilakukan tindakan tegas dan terukur. Dia ini eks kombatan GAM,” kata Rycko.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s