Zona Humaniora

Walau Sederhana Tapi Baginya Seperti Istana Wali Nanggroe

Apa Syeh bersama anak dari Kasmiati (istri Alm Hasbi Mantan Panglima Muda Wilayah Satu)

ZONADAMAI.COM – Janda dari seorang panglima muda yang gugur saat konflik, bernama Kasmiati (34) kini bisa tinggal di rumah baru bersama anak laki-lakinya Fauzan Munazir (14) yang masih duduk di bangku kelas 1 SMP Negeri 2 Nisam, sebelumnya mereka tinggal di bawah gubuk reyot yang sudah roboh di pendalaman Desa Blang Karieng, Kecamatan Nisam, Aceh Utara.

Suaminya Hasbi bin Usman meninggalkannya bersama si buah hati yang masih bayi di saat Aceh bergejolak dengan dentuman suara senjata, Suaminya yang menjabat sebagai Panglima Muda Wilayah Satu itu tewas saat baku tembak di seputaran tambak desa Paloh Gadeng Kecamatan Dewantara pada tahun 2003 silam.

Setelah itu, Kasmiyati hidup bersama putranya yang masih kecil di gebuk derita peninggalan suaminya, dirinya tidak pernah tersentuh bantuan apapun pasca suaminya meninggal dari Pemerintah Aceh walau almarhum suaminya tersebut merupakan mantan kombantan Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang juga merupakan eks Tripoli dari Libya.

“Suami saya dulu meninggal saat terjadi baku tembak dengan TNI di tambak warga Paloh Gadeng, dari situlah saya mulai hidup sendiri dan menafkahi seorang anak sampai saat ini,” kata Kasmiyati Senin, (15/5).

Dalam  kesehariannya Kasmiati hanya mencari nafkah dengan bekerja di kebun dan persawahan warga yang penghasilannya hanya cukup untuk makan, tergadang malah dirinya harus mengutang kepada tetangga untuk makan sehari-hari.

Tak pernah terbayang olehnya, tiba-tiba tim relawan Irwandi Yusuf yang merupakan gubernur Aceh terpilih membangunkan sebuah rumah untuknya, walau terlihat sederhana tapi baginya adalah istana yang sebanding dengan Meuligo Wali Nangroe Aceh.

“Saya nafkahi anak dan makan sehari-hari harus bekerja di kebun warga, dan Alhamdulillah, tiba-tiba tim Relawan Irwandi mau membangun rumah saya, walau sederhana tapi bagi saya sudah seperti Istana wali Nanggroe” lanjut Kasmiyati ketika syukuran dan doa bersama di kediaman barunya itu.

Relawan Irwandi Yusuf wilayah Aceh Utara Ramli atau yang lebih dikenal dengan nama polpulernya Apa Syeh mengatakan, bantuan tersebut dari Irwandi Yusuf yang diutamakan untuk anak yatim dan fakir miskin, “Rumah yang sudah selesai dibangun ini dari bantuan pribadi Irwandi Yusuf, dan InsyaAllah di kampung Balang Karieng dah selesai dua rumah,” kata Apa Syeh yang juga mantan eks GAM.

Rumah tersebut dibangun dengan ukuran 6 meter x 6 meter yang dilengkapi dengan arus listrik, dapur dan toilet di belakang rumah. Setelah selesai dibangun rumahnya, Kasmiati  mengadakan acara syukuran serta menghijabkan doa kepada suaminya yang telah meninggalkanya dari tahun 2003 silam.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s