Zona Politik

Sosiolog Politik: Partai Aceh Harusnya Jadi Oposisi

ZONADAMAI.COM – Fraksi Partai Aceh (PA) memiliki kursi paling banyak di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA). Lantas, sebaiknya Fraksi PA menjadi oposisi atau turut mendukung pemerintahan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah?

“Saya kira lebih baik untuk kepentingan rakyat Aceh dan kepentingan Partai Aceh, mereka beroposisi. Karena jika beroposisi akan terjadi check and balance of power antara pihak yang memerintah dengan yang berada di legislatif,” kata Sosiolog Politik Universitas Malikussaleh (Unimal), Dr. Nirzalin, M.Si., Jumat (28/4), malam.

Menurut Nirzalin, kekuasaan itu kalau tidak ada yang melakukan oposisi, akan cenderung dominan. Itu sebabnya, kata dia, untuk membuat satu keseimbangan kekuasaan, sehingga kemudian orang yang memerintah itu terjaga visinya, terjaga garis kebijakan pembangunan ke arah masyarakat, maka harus ada pihak yang beroposisi.

“Di sini, yang sangat strategis untuk beroposisi itu ya Partai Aceh,” ujar Doktor Sosiologi lulusan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta ini.

Hanya saja, untuk menjadi oposisi yang cerdas, kuat dan berwibawa membutuhkan daya tahan yang prima. Bukan hanya mampu menahan diri selama lima tahun terhadap “godaan” keuangan dan kekuasaan, tapi juga harus memiliki gagasan yang lebih untuk mematahkan program unggulan pemerintah terpilih.

Advertisements

Categories: Zona Politik

Tagged as: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s