Zona Politik

Inilah Dua Opsi Pelantikan Gubernur Aceh Terpilih

ZONADAMAI.COMDimana Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah akan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh periode 2017-2022? Di Istana Negara atau di Gedung DPR Aceh?

Sulaiman Abda, wakil ketua DPRA yang memimpin Rapat Bamus dan Rapat Paripurna Istimewa bersama wakil ketua DPRA lainnya mengatakan bahwa gubernur dan wakil gubernur Aceh terpilih dilantik pada Sidang Paripurna Istimewa DPRA oleh Mendagri atas nama Presiden RI yang disaksikan oleh Ketua Mahkamah Syar’iyah.

“Itu jika merujuk kepada UUPA, sebagaimana juga dahulu saat melantik Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf,” kata Sulaiman Abda seusai memimpin Rapat Paripurna Istimewa, Senin (17/4) di Banda Aceh.

Hanya saja, jika merujuk ke UU Pilkada, kata Sulaiman Abda maka seluruh gubernur dan wakil gubernur terpilih akan dilantik di istana negara langsung oleh presiden. “Apa opsi yang dipilih, apakah salah satunya atau akan keduanya, lebih tepat jika Ketua DPR Aceh yang mengatakannya nanti,” katanya.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh melalui Rapat Paripurna Istimewa sudah mengumumkan dan menetapkan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh terpilih hasil Pilkada 2017 sebagimana sudah ditetapkan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s