Zona Politik

Seluruh Tokoh Penting Aceh Berkumpul Untuk Bangun Aceh ke Depan

ZONADAMAI.COM – Seluruh tokoh yang umumnya adalah alumni dari Universitas Syiah Kuala dan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry berkumpul di halaman Mesjid Jami Kopelma Darussalam, Banda Aceh, Kamis (13/4).

Silahturahmi Akbar ini menjadi istimewa karena juga dihadiri oleh Wakil Gubernur Aceh terpilih, Nova Iriansyah dan beberapa bupati terpilih seperti Abusyik dari Pidie dan Aminullah Usman dari Banda Aceh, Mawardi dari Aceh Besar, dan Wakil Bupati terpilih dari Bireuen, DR Muzakkar A Gani.

Alumni dari dua univeritas terbesar di Aceh itu ada yang menjadi tokoh kunci di lingkungan kampus Unsyiah dan UIN Ar-Raniry, ada yang menjadi tokoh kunci di partai politik, ada juga di pemerintahan, DPRA, bupati atau wakil bupati di berbagai kabupaten/kota, dan ada juga di berbagai instansi yang tergabung dalam Forkopimda.

“Semua diundang sebab mereka semua adalah tokoh kunci di berbagai lembaga yang ada di Aceh dan juga kabupaten/kota,” kata Sulaiman Abda, Ketua IKA Unsyiah yang juga sebagai Wakil Ketua di DPR Aceh dan dibenarkan Ketua Koniry, Azhari.

Silahturahmi yang langsung dihadiri oleh Rektor Unsyiah Prof Dr Samsul Rizal, M.Eng, Rektor UIN Ar-Raniry Prof Dr Farid Wadji MA, Rektor Unimal Prof Dr Apridar dan Rektor UTU Prof Dr Jasman J Ma’ruf ini juga mengundang berbagai tokoh kunci dari berbagai lembaga penting yang ada di Aceh.

Tampak mantan Ketua DPRA, Muhammad Yus alias Abu Yus dan Mantan Gubernur Aceh Prof Dr Syamsuddin Mahmud. Juga terlihat Azwar Abubakar, mantan Gubernur Aceh dan Menteri.

Beberapa anggota DPRA juga hadir seperti Tanwir Mahdi, Darwati A Gani dan Ketua Fraksi Aceh, Kautsar. Juga terlihat Wakil Ketua Umum DPA Partai Aceh, Kamaruddin Abubakar alias Abu Razak dan Ketua Partai NasDem, Zaini Djalil. Bahkan, juga terlihat anggota DPR RI, Firmandes.

Acara Silahturahmi Akbar yang dibarengi dengan acara maulid ini juga hadir dari kalangan ulama dan pimpinan pasantren/dayah serta cendikiawan muslim juga nampak hadir, seperti Waled NU, Waled Marhaban, Lem Faisal, Prof Yusni Sabi, Ali Yasa Abubakar, dan Tgk Fachruddin Lahmudin.

Tampak juga wakil dari Pemerintah Aceh, wakil dari Lembaga Wali Nanggro, wakil dari Majelis Adat Aceh, wakil dari Kejati, wakil dari Polda, dan wakil Kodam Iskandar Muda. Bahkan, sejumlah kepala SKPA juga hadir.

Sulaiman Abda dalam laporannya mengatakan bahwa Siahturahmi Akbar alumni dari dua universitas terbesar di Aceh ini sama sekali tidak ada nuansa politik meski ikut dihadiri oleh sejumlah insan politik. “Silahturahmi akbar ini semata dalam rangka membangun Aceh ke depan,” tegasnya.

Sulaiman Abda juga mengajak untuk meninggalkan pikiran yang telah lalu saat berkompetisi di Pilkada 2017, dan ia mengajak untuk bersama-sama membangun Aceh ke depan. Wakil Ketua DPRA itu mengajak ulama dan cendikiawan di Aceh untuk menjadi wasit dalam kegiatan pembangunan Aceh yang diumpakan seperti permainan bola. “Ulama dan cendikiawan penting menjadi wasit agar berbagai komponen lain dapat merajut Aceh yang damai dan maju.”

Damai Aceh Moga Terus Terjaga
Sementara itu Rektor Unsyiah, Prof Dr Samsul Rial, M. Eng memandang bahwa silahturahmi yang terjalin dalam pertemuan akbar dinilai sangat luar biasa karena melibatkan pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan ulama serta keluarga besar dari dua institusi terbesar di Aceh, Unsyiah dan UIN Ar Raniry. “Jika sinergi yang terjalin dari seluruh komponen yang berhadir terus terjaga dan terpelihara saya yakin, insya Allah kita tidak butuh waktu yang lama untuk mencapai kondisi negeri yang dicita-citakan yaitu baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur,” sebutnya.

Rektor Unsyiah juga mengajak semua komponen untuk menjaga kondisi Aceh yang damai dan ia berharap agar kondisi damai yang sudah dihasilkan oleh Aceh dengan MoU Helsinki dapat terus terjaga guna membangun Aceh. “Jika Aceh sejahtera dan makmur sudah pasti Indonesia juga akan sejahtera dan makmur,” tegasnya lagi.

Rektor UIN Ar Raniry, Prof Dr Farid Wadji MA dalam tausiah maulid mengajak semua yang berhadir untuk menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan yang sebenarnya. “Rasul itu idola, siapun bisa mengikutinya. Bahkan orang non Islam juga diikuti oleh umat lain, buktinya Nabi Muhammad masuk dalam buku seratus tokoh, dan ini bukan karena kajian agama, melainkan karena Nabi dinilai sukses dalam memimpin meski beliau sosok yang ummi’yun tapi sukses dalam mendidik kadernya sehingga singkron antara otak dan hati sehinga kader nabi mampu mempengaruhi berbagai negeri lainnya,” sebut Farid.

Sementara Wakil Gubernur Aceh terpilih Nova Iriansyah dalam sambutannya mewakili Gubernur Aceh menyampaikan terimakasih dan penghargaan kepada sejawat Zaini Djalil dan Abu Razak dan seluruh insan partai politik atas kerja sama saling berkompelemter dan berkompetisi semasa Pilkada 2017. “Tanpa kompetisi yang sehat tentu Pak Irwandi dan seluruh timnya tidak akan berkerja keras, tanpa motivasi persaingan sehat tentu kami tidak berada di sini pada hari ini,” kata Nova dengan nada yang tenang dan lembut.

Nova Iriansyah yang juga Ketua Demokrat Aceh juga dengan rendah hati meminta maaf jika ada kesalahan dan kekeliruaan yang mereka lakukan di musim Pilkada. Sekali lagi, dengan rendah hati ia menyebut pasti ada kesalahan dan kekeliruan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. “Untuk itu dengan segala kerendahan hati mohon maaf, karena pasti ada kesalahan dan bahkan ada juga yang sengaja,” sebutnya.

Sacara khusus, Nova Iriansyah menyebut Amninullah yang tidak didukung oleh Partai Demokrat pada masa Pilkada 2017. “Meski begitu, begitu saya kalah saya langsung mengucapkan selamat dan menjalin koalisi dengan beliau,” katanya.

Nova juga mengajak semua pihak untuk tidak terlalu takut jika Dana Otsus Aceh berakhir. “Tanpa dana otsus dunia tidak kiamat, kalau nanti pada saatnya harus berakhir kita tentu akan mengusahakan sumber-sumber lainnya,” pungkasnya. [acehtrend.co]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s