Zona Hukum

Tidak Terima Hasil Putusan Sengketa Pilkada Aceh, Jubir PA Sebut MK Kangkangi UUPA

ZONADAMAI.COM – Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan atas hasil Pilkada Aceh yang dilayangkan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, Muzakir Manaf-TA Khalid. Partai Aceh sebagai pengusung pasangan tersebut, menyesalkan putusan MK.

Juru Bicara Partai Aceh, Suadi Sulaiman alias Adi Laweung, menganggap MK telah melanggar konstitusi karena mengabaikan gugatan pihaknya.

“Putusan dismissal (pembubaran) yang menolak gugatan calon gubernur dan wakil gubernur Aceh merupakan kangkangan MK terhadap kekhususan Aceh yang telah diakui oleh Undang Undang Dasar 1945 Pasal 18 B,” kata Adi Laweung kepada Okezone, Rabu (5/4/2017).

Kekhususan tersebut, kata Adi, telah didelegasikan dalam UU Nomor 11 Tahun 2006 Tentang Pemerintahan Aceh. Selain itu tata pelaksanaan Pilkada Aceh sebagaimana diatur dalam Bab X bagian pertama sampai bagian ke lima pasal 65 hingga 74.

Menurutnya atas pembangkangan UU Pemerintahan Aceh, maka pemerintah pusat melalui MK dianggap tak peka dengan perdamaian Aceh yang telah berlangsung sebelas tahun. Putusan itu, kata dia, dapat melahirkan potensi konflik baru di Aceh.

“Tentunya akan ambil sikap sambil menunggu arahan pimpinan,” pungkasnya.

Siang kemarin, Mahkamah Konstitusi memutuskan menolak gugatan yang dilayangkan oleh paslon nomor urut lima Muzakir Manaf-TA Khalid. Atas putusan itu secara hukum, pasangan Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah dipastikan memenangi Pilkada Aceh. [okezone.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s