Zona Politik

Aryos Nivada: Aneh, Sengketa Pilkada Aceh kok Dibawa ke Mahkamah Internasional

Ketua Umum BESAN, T Iskandar SIP berbicara dalam konferensi pers di Hermes Palace Hotel, Selasa (21/03/2017).

ZONADAMAI.COM – Menyikapi statemen dari Bale Seumike Aneuk Nanggroe (BESAN) yang mengancam akan menggugat ke Mahkamah Internasional jika sengketa Pilkada yang diajukan oleh pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh Muzakir Manaf-TA Khalid tidak diselesaikan dengan UUPA oleh Mahkamah Konstitusi

Hal itu mendapat tanggapan sinis dari Pengamat Politik Aceh, Aryos Nivada. Ia mengatakan pada dasarnya Mahkamah Internasional tidak memiliki kewenangan dan yuridiksi dalam mencampuri persoalan sengketa pemilu di Indonesia.

“Ah aneh-aneh saja,” ujar Aryos.

Dirinya menambahkan Intinya tidak dibenarkan negara mencampuri urusan negara lain, karena politik internal Aceh menyangkut kedaulatan negara Indonesia.

“Mahkamah internasional itu mengadili sengketa internasional. pihak yang boleh berperkara dalam Mahkamah Internsional adalah Negara, sehingga perorangan dan badan hukum serta organisasi internasional pada umumnya tidak menjadi pihak yang berhak untuk berperkara. Selain itu Mahkamah Internasional tidak memiliki kewenangan dan yuridiksi dalam menangani sengketa Pilkada di Indonesia. Sepanjang sejarah pendiriannya, tidak ada yang menggugat hasil pemilu atau pilkada ke Mahkamah Internasional hanya karena tidak puas,” ujarnya.

Aryos menegaskan, apabila tetap menempuh jalur Mahkamah internasional, maka bukan saja ditolak Mahkamah Internasional, tapi Aceh akan jadi bahan tertawaan dan olok-olok dunia internasional.

“Kita menyarankan semua pihak untuk menghormati apapun keputusan MK terkait pilkada Aceh. Jangan sampai kita menjadi bahan tertawaan dan olok-olok dunia internasional karena kita tidak puas dengan hasil pilkada Aceh lalu dibawa ke luar. Hal itu bukan hanya menunjukkan kita tidak paham hukum Indonesia. Tapi juga buta hukum internasional,” pungkasnya. [bongkarnews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s