Zona Politik

Ancaman Politisi Partai Aceh Hanya Gertakan Semata

Konferensi pers politisi Partai Aceh di Ruang Fraksi Partai Gerindra DPR RI, Jumat (17/03/2017).

ZONADAMAI.COM – Pengamat Politik Aryos Nivada mengatakan, ancaman mundur politisi Partai Aceh (PA) dari jabatan mereka di eksekutif dan legislatif, tak lebih dari gertak semata.

Namun, jika pun nanti mereka merealisasikan, kata Aryos, masyarakat justru diuntungkan.

“Karena jika mereka mundur akan memberikan berkah bagi kandidat partai lain untuk juga turut berkontribusi membangun Aceh,” katanya, Sabtu (18/3/2017).

Menurut Aryos, pernyataan sikap akan mengundurkan diri tersebut hanya sebuah strategi politik usang yang tak lagi mujarab untuk mempengaruhi proses hukum yang sedang berjalan.

“Itu strategi politik klasik, karena pernah dilakukan juga 2012. Saat itu digunakan untuk tarik-ulur di tahapan Pilkada. Saat itu, UUPA dijadikan sebagai senjata untuk menekan pemerintah pusat dan MK,” katanya.

Namun menariknya, kata Aryos, mereka selalu menggunakan jurus UUPA sebagai senjata pamungkas saat terdesak, ketika situasi mulai menguntungkan mereka, UUPA disimpan dan tidak digunakan.

Ia juga yakin, bahwa tidak semua kader PA yang menjabat jabatan publik mau mundur, karena secara rasional mereka sudah berjuang mendapatkan sekaligus mereka juga memiliki kepentingan setelah menang di pemerintahan, terlepas bentuk kepentingan ekonomi maupun kekuasaan.

Aryos mengatakan, MK akan sangat berhati hati dalam mengambil keputusan dan tidak akan mudah dipengaruhi oleh ancaman dan intervensi dari luar pengadilan.

“Meski demikian segala kemungkinan tetap bisa terjadi, namun publik masih percaya bahwa MK hari ini dalam menyidangkan perkara dan pengambilan keputusan tetap konsisten merujuk dan berpijak terhadap hukum berlaku di Indonesia,” ujarnya. [beritakini.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s