Zona Politik

Dalam Gugatannya, Mualem Persoalkan Mobilisasi Aparat Keamanan Secara Masif ke Aceh

ZONADAMAI.COM – Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia mulai Kamis (16/3) besok akan melakukan sidang pendahuluan untuk sengketa Pilkada Aceh yang telah diajukan oleh pasangan calon.

KIP Aceh dan sembilan KIP kabupaten/kota di Aceh dipastikan mengikuti sidang tersebut, karena menjadi termohon setelah pasangan calon (pemohon) mendaftarkan gugatan beberapa waktu lalu.

Pasangan calon gubernur/wakil gubernur Aceh nomor urut lima, Muzakir Manaf (Mualem)-TA Khalid dalam permohonan yang telah diajukan kepada MK mempersoalkan beberapa pelanggaran yang ditengarai pihaknya terjadi dalam Pilkada Aceh. Informasi yang dihimpun oleh Serambi Indonesia sesuai draf permohonan, ada 16 pelanggaran yang disengketakan Mualem-TA kepada MK.

Di antaranya, telah tejadi penggelembungan suara yang ditemukan Panwaslih Aceh di Aceh Tengah. Penggelembungan suara itu ditengarai sengaja dilakukan untuk pasangan nomor urut enam, Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.

Selain itu, disinyalir telah terjadi pelanggaran yang dilakukan termohon, berupa adanya amplop surat suara yang tidak bersegel di Kabupaten Aceh Tengah.

Mualem-TA juga mempersoalkan tidak ditempel dan tidak diberikan form C1 KWK di sejumlah kabupaten/kota usai pelaksanaan pemilihan pada 15 Februari lalu.

Selain itu, melalui kuasa hukumnya dalam draf itu, Mualem-TA juga mempersoalkan mobilisasi aparat keamanan baik TNI maupun Polri secara besar-besaran ke Aceh. Menurut pasangan ini, hal tersebut telah membuat masyarakat resah. [aceh.tribunnews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s