Zona Politik

Pengamat Politik: Gubernur Aceh Inkonsisten

ZONADAMAI.COM – Pengamat Politik dan Keamanan Aceh, Aryos Nivada menilai tindakan Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, merombak kabinet secara tiba-tiba pada, Jumat (10/3) malam, adalah kebijakan ilegal dan melabrak peraturan perundang-undangan. Kebijakan di masa akhir jabatan ini, mengesankan adanya permainan politik anggaran yang dilakukan Zaini Abdullah dan orang-orang terdekatnya.

“Kepada pengusaha dan kontraktor saya sarankan untuk saat ini sebaiknya tidak terlibat dulu dalam proses pengadaan barang dan jasa di lingkungan Pemerintah Aceh. Ini akan membawa dampak hukum serius apabila pengusaha terlibat dalam proses pengadaan barang dan jasa saat ini, khususnya di SKPA yang dilantik melalui prosedur cacat hukum itu,” katanya, Sabtu (11/3).

Selain itu kata Aryos, perombakan kabinet itu membuktikan inkonsistensi Zaini, yakni tidak sesuai antara ucapan dan perbuatan. “Konsistensi Zaini patut dipertanyakan, karena belum lama ini ia tegas menyatakan bahwa tidak ada mutasi dalam waktu dekat, antara perkataan dan perbuatan tidak sama. Dengan demikian, mutasi kali ini adalah ilegal karena melabrak prosedur peraturan perundang undangan,” kata Aryos.

Aryos menambahkan, regulasi cukup jelas mengatur persolan ini, di mana Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melarang kepala daerah melakukan pergantian pejabat enam bulan sebelum tanggal penetapan pasangan calon sampai akhir masa jabatan, kecuali mendapat persetujuan tertulis dari Mendagri, sebagaimana tertera pada Pasal 71 ayat (2) UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.

Berkaitan dengan adanya argumen bahwa pelantikan itu adalah sah karena sesuai dengan kewenangan Aceh yang bersifat lex specialis sebagaimana diatur dalam Pasal 119 UUPA, Aryos tak menampik hal itu. Dalam UUPA diatur tentang pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian dari dan dalam jabatan eselon II pada Pemerintah Aceh ditetapkan oleh Gubernur.

“Akan tetapi ini harus dipahami bahwa situasi tersebut bersifat umum, sedangkan saat ini masih dalam tahapan pilkada, sehingga digunakan aturan dalam UU Pilkada. Di mana dalam UU tersebut, tetap melarang pejabat untuk melakukan mutasidengan masa yang telah disebutkan tersebut,” ujarnya.

Pelanggaran serius

Terpisah, Ketua LSM Gerakan Masyarakat Partisipatif (GeMPAR), Auzir Fahlevi SH berpendapat, pergantian sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Aceh oleh Gubernur Aceh, Zaini Abdullah merupakan pelanggaran serius terhadap Pasal 71 Ayat 2 UU No 10 Tahun 2016 Tentang Pilkada.

Tindakan Gubernur Aceh, katanya, dapat dikategorikan sebagai salah satu bentuk perbuatan melawan hukum. “Dengan kata lain, sejauh tidak ada izin persetujuan dari Mendagri maka secara otomatis syarat formil pergantian pejabat itu tidak terpenuhi atau tidak sah secara hukum,” ujarnya.

Sebagai salah satu peserta pilkada dari petahana, Auzir menjelaskan seharusnya Zaini Abdullah, bisa memposisikan dirinya secara normatif dan prosedural berdasarkan Pasal 71 ayat 2 UU No 10 tahun 2016. Karena UU tersebut merupakan basis hukum mutlak yang harus ditaati oleh Zaini Abdullah sebagai calon incumbent.

Anggota Komisi II DPR RI asal Aceh, Irmawan, Ketua DPD PDIP Aceh, Karimun Usman, dan Wakil Ketua DPD I Golkar Aceh Suprijal Yusuf, juga menyatakan bahwa Zaini telah melanggar aturan Mendagri dengan melantik pejabat. Gubernur Aceh dinilai telah membuat gaduh dan pihaknya meminta Mendagri untuk membatalkan pelantikan tersebut.

“Apabila pejabat yang dilantik menerima gaji dan tunjangan, maka itu bisa diproses secara pidana karena melanggar hukum. Karena mutasi ini menabrak undang-undang dan apabila dibiarkan akan menjadi preseden buruk bagi Aceh,” ujar Ketua DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Aceh.

Secara terpisah, Ketua DPD PDIP Aceh, Karimun Usman, mengatakan, pergantian pejabat kali ini terkesan mencari isi pundi-pundi akhir jabatan. “Mendagri perlu mempertegas aturan-aturan yang ada, sehingga demi masa depan Aceh tidak dibuat sesuka pimpinan Aceh, karena Aceh masih dalam kedaulatan NKRI,” katanya. [aceh.tribunnews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s