Zona Berita

Adi Laweung Telah Lakukan Pembohongan Publik

adi-laweungZONADAMAI.COM – Ketua Tim Pemenangan Irwandi-Nova, Samsul Bahri Bin Amiren alias Tiyong menduga Juru Bicara Partai Aceh, Suadi Sulaiman telah melakukan pembohongan publik. Pasalnya dalam konferensi pers, di Kantor DPA Partai Aceh, Jalan Mr Mohd Hasan, Banda Aceh, Senin (20/02) malam, Adi Laweung sapaan Suadi Sulaiman mengatakan “pihaknya menemukan perbedaan suara antara data Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan bukti fisik (form C1 KWK) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) Gampong Leles, Kec. Serbajadi, Kab. Aceh Timur, untuk pasangan nomor urut 6 atas nama Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah”.

Dikatakannya, hasil perhitungan suara di TPS di Gampong Leles Kec. Serba Jadi, Aceh Timur dengan perolehan suara calon nomor urut 6 Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, versi form C1 KWK ini adalah 12 suara. Sementara di versi situng KPU didapatkan 212 suara.

Kemudian hasil rekapitulasi suara di Kec. Serba Jadi, Aceh Timur juga berbeda dengan hasil yang dipublikasikan di situng KPU dan hasil formulir D1 yang menempatkan suara nomor 6 versi DA1 suaranya 643 suara, sementara di situng KPU 834 suara.

Setelah membaca berita ini dibeberapa media online, maka tim kami langsung melakukan penelusuran dengan mengakses website KPU Pusat. Ketika lama tersebut kami akses pada pukul 22.50 WIB Senin malam, perolehan suara masing-masing calon adalah sebagai berikut: Tarmizi A Karim-Machsalmina Ali mendapatkan 012 suara (5.19%). Zakaria Saman-T Alaidinsyah 015 suara (6.49%), Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab 004 suara (1.73%), Zaini Abdullah-Nasaruddin 027 suara (11.69%), Muzakir Manaf-TA Khalid 161 suara (69.70%), dan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah 012 suara (5.19%). Suara sah di TPS Desa Leles ini sebanyak 231, suara tidak sah 023, total suara 254,” kata Tiyong, Selasa (21/02).

Sementara, kata Tiyong, hasil rekap untuk Kec. Serbajadi yang diakses di website KPU, dimana  Tarmizi A. Karim-Machsalmina Ali, M.M. 284 suara (8.41%), Zakaria Saman-Alaidisnyah 192 suara (5.69%), Abdullah Puteh-Sayed Mustafa Usab Al-Idroes, 029 suara (0.86%), Zaini Abdullah-Nasaruddin 815 suara (24.14%), Muzakir Manaf-T.A. Khalid 1.413 suara (41.85%), Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, MT. 643 suara (19.05%).

Tiyong menegaskan “Kami tidak menemukan adanya perbedaan jumlah suara calon nomor urut 6 Irwandi Yusuf dan Nova Iriansyah, antara versi form C1 KWK dengan versi Situng KPU“.

Untuk itu, Tiong meminta Adi Laweung selaku Jubir Partai Aceh, untuk berhenti membohongi publik dan membodoh-bodohi masyarakat dengan pernyataan-pernyataan yang tidak benar. Perlu diingat, ini bukan lagi zaman batu atau pun zaman konflik.

“Saat ini rakyat juga sudah pintar dengan teknologi canggih di tangannya. Saat ini segala informasi sudah bisa diakses dengan cepat. Mempertanyakan proses perekapan suara dengan menggunakan ilmu pengetahuan dan teknologi adalah tindakan yang tidak tepat lagi pada masa sekarang,” tegasnya.

Selain itu, dirinya juga mengimbau kepada relawan, tim pemenangan, dan seluruh rakyat Aceh untuk tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan upaya-upaya memutar balikkan data dan fakta. Teruslah bekerja dan mengawal proses demokrasi untuk menjamin Pilkada 2017 berlangsung secara halal dan jauh dari tindak kecurangan.

“Semoga dengan kerja kerasa kita bisa menghasilkan pemimpin yang diinginkan oleh masyarakat banyak, bukan pemimpin yang lahir dari pemaksaan kehendak kelompok atau golongan,” katanya.[ajnn.net]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s