Zona Berita

Hasil Suara Irwandi-Mualem Sulit Diprediksi

peta-pemenangan-pilkada-aceh_20170217_111821Zonadamai.com – Hasil Pilkada Aceh 2017 masih sulit diprediksi. Hingga hari kedua setelah pemungutan suara dilakukan, belum satu pun lembaga resmi di tingkat Provinsi Aceh mengumumkan hasil penghitungan suara yang mereka lakukan.

Namun, data sementara yang dihimpun wartawan Serambi dari berbagai daerah masih menunjukkan persaingan ketat antara pasangan calon nomor urut 5 (Muzakir Manaf-TA Khalid) dengan paslon nomor 6 (Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah). Kedua pasangan ini meraup kemenangan di beberapa kabupaten/kota.

Data sementara yang diperoleh Serambi dari desk pilkada pemerintah kabupaten (pemkab) maupun sumber terpercaya di 17 kabupaten/kota, hingga pukul 23.00 WIB tadi malam, hanya satu kabupaten yang lepas dari kedua pasangan ini, yaitu Aceh Barat Daya. Di kabupaten ini, justru paslon nomor urut 1, Tarmizi A Karim-HT Machsalmina Ali unggul atas lima calon lainnya. (Lihat, Tabel Hasil Sementara Pilkada Aceh 2017) Berdasarkan data yang diperoleh Serambi dari Desk Pilkada Abdya, Kamis (16/2) sore, di kabupaten ini terdapat 250 TPS tersebar dalam sembilan kecamatan. Dari jumlah tersebut, petugas dari desk pilkada telah berhasil mengumpulkan perolehan suara masing-masing paslon di 246 TPS.

Rekapitulasi suara sementara empat dari TPS di Kecamatan Susoh belum terkumpul, yaitu TPS 1 Desa Barat, TPS 1 Desa Padang Baru, TPS 1 Desa Rubek Meupayong, dan TPS 1 Desa Tangah. Jumlah suara yang dikumpul dari 246 TPS mencapai 79.510 suara (77,69 persen) dari DPT (daftar pemilih tetap) yang berjumlah 102.338 orang.

Selain di Abdya, pasangan Tarmizi-Machsalmina juga meraih hasil signifikan di Kabupaten Aceh Selatan, Kota Lhokseumawe, dan Aceh Utara.

Data Desk Pilkada Pemkab Aceh Selatan menujukkan paslon nomor urut 2 ini meraup 32.958 suara (31,36 persen), sedikit di bawah perolehan suara paslon nomor urut 5, Muzakir Manaf-TA Khalid yang unggul dengan 35.283 suara (33,57%). Di bawah mereka, paslon nomor urut 6, Irwandi Yusuf  menguntit dengan perolehan suara 32.552 (30,97%).

Menurut pihak Desk Pilkada Pemkab Aceh Selatan, data yang masuk itu sudah mencapai 100 persen. Sementara di Kota Lhokseumawe, data final yang diperoleh dari Desk Pilkada menunjukkan pasangan Tarmizi Karim-Machsalmina Ali yang meraih 21.350 suara (28,45%), juga menempati urutan kedua setelah pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid yang meraup 26.997 suara (35,97%). Disusul Irwandi Yusuf  di urutan ketiga. dengan perolehan 17.269 suara (23,01%).

Persaingan ketat antara Muzakir Manaf dan Tarmizi A Karim juga terjadi di Aceh Utara. Data yang diperoleh dari KIP Aceh Utara, Kamis (16/2) pukul 16.00 WIB, Muzakir Manaf menang besar dengan meraup 107.825 suara, sementara Tarmizi A Karim memperoleh 69.887 suara. Sedangkan Irwandi Yusuf  mendapatkan 34.172 suara.

Informasi dari pihak KIP Aceh Utara, data tersebut merupakan hasil sementara dengan jumlah suara masuk sebanyak 235.970 suara dari total DPT 420.480 jiwa.

Selain empat kabupaten tersebut (Abdya, Aceh Selatan, Kota Lhokseumawe, dan Aceh Utara), persaingan ketat masih terjadi antara pasangan Muzakir Manaf-TA Khalid dengan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah.

Data yang dihimpun Serambi dari Desk Pilkada Pemkab dan berbagai sumber terpercaya di 17 kabupaten/kota menunjukkan, Muzakir Manaf menguasai tujuh kabupaten kota, yaitu Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Aceh Selatan, Pidie Jaya, Aceh Barat, dan Aceh Jaya.

Sementara itu, Irwandi Yusuf unggul di sembilan kabupaten/kota, yaitu Kota Banda Aceh, Aceh Besar, Kota Sabang, Bireuen, Simeulue, Kota Langsa, Aceh Tamiang, Singkil, dan Kota Subulussalam. Semantara Tarmizi A Karim unggul di Aceh Barat Daya. Namun, data tersebut masih bersifat sementara dan masih berpotensi berubah.

Pihak KIP Aceh dalam konferensi pers di Banda Aceh, Kamis kemarin, meminta semua pihak sabar menunggu hasil resmi yang akan diumumkan pada akhir Februari 2017.

Di tempat terpisah, Kapolda Aceh Irjen Pol Rio S Djambak yang sedang berada di Sigli, Kabupaten Pidie, juga mengimbau para kandidat untuk menahan diri, dan menghentikan sikap saling klaim menang terhadap hasil perolehan suara yang sedang di-input saksi di tempat tempat pemungutan suara (TPS).

Selain 17 kabupaten/kota yang sudah ada hasil sementara, Serambi masih kesulitan mengakses hasil di enam kabupaten/kota lainnya. Yaitu, Pidie, Bener Meriah, Aceh Tengah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Nagan Raya.

Di Aceh Tenggara, Ketua Desk Pilkada Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara, Ali Surahman, kepada Serambi Kamis (16/2) mengatakan, hasil perolehan suara sementara calon bupati Agara dan gubernur Aceh yang masuk dari kecamatan-kecamatan ke Desk Pilkada Agara, sifatnya rahasia dan bukan untuk publik. “Ini hanya data untuk internal pemerintah,”ujarnya.[aceh-tribunnews.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s