Zona Berita

Tim Irwandi Juga Lapor Balik Tim Mualem ke Panwaslih

irwandinovaZONADAMAI.COM – Tim pemenangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah melaporkan balik tim pemenangan Muzakir Manaf-TA Khalid ke Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh Selatan.

Berkas laporan diserahkan oleh Koordinator Tim Pemenangan Irwandi-Nova wilayah Barat Selatan, Tgk Abrar Muda. Laporan terkait dengan kasus percobaan pemukulan dan perusakan stiker milik pasangan Irwandi-Nova oleh Tim Pemenangan PA, serta perusakan, pembakaran APK, dan perusakan posko milik Irwandi-Nova.

Ketua Panwaslih Aceh Selatan, Drs Safli Alian yang didampingi sejumlah komisioner lainnya mengaku akan segera menindaklanjuti laporan tersebut. “Laporan ini akan dianalisa apakah ini ranah pidana umum atau ranah pidana Pemilu. Rekomendasinya akan diserahkan ke pihak berwajib, karena panwas tidak memiliki kewenangan melakukan penyelidikan,” ujar Ketua DivisiHukum dan Penindakan Pelanggaran Panwaslih Aceh Selatan, Gunawan Syam SH.

Sementara dalam konfrensi pers usai penyerahan laporan, Tgk Abrar Muda menyampaikan bahwa informasi yang beredar di media masih setengah-setengah. Memang sempat terjadi pertikaian terkait percobaan pemukulan terhadap tim Irwandi. Pihaknya bersama Dandim dan Kapolres Aceh Selatan juga sudah memfalisitasi agar kasus ini berakhir damai.

Tiba-tiba, dalam perjalanan memenuhi undangan Bapak Kapolres, sampai di Gunung Kapur kami dengar ada perusakan Posko Tim Penemangan Irwandi oleh tim nomor 5, sehingga saya berpesan kepada Kapolres dan Dandim untuk dihentikan dulu perdamaian sampai ada titik terang,” ungkap Tgk Abral Muda di Sekber Tim Pemenangan Irwandi-Nova, Tapaktuan.

Mantan Panglima GAM Wilayah Lhok Tapaktuan ini juga menyampaikan bahwa perusakan APK milik pasangan nomor urut 5 terjadi karena pihaknya merasa dipermainkan oleh Mirsal alias si Bos, sebab Mirsal tidak datang setelah sebelumnya mengajak bertemu. “Jadi bukan tanpa alasan. Emosi massa tak terbendung karena merasa dipermainkan,” pungkasnya.

Demikian juga dengan kasus percobaan pemukulan dan perusakan stiker milik Irwandi-Nova. Kasus itu kata dia, sudah dilaporkan ke Polsek setempat, tetapi tidak ada tindak lanjut. “Sebenarnya, bukan persoalan ucapan pengkhianat. Tapi ada upaya percobaan pemukulan terhadap Abdul Manan salah seorang anggota tim oleh si Mirsal, salah seorang Tim PA,” pungkasnya.

Oleh karena itu, Tgk Abral Muda berharap kepadaKapolres dan Panwaslih Aceh Selatan agar benar-benar netral dalam menindak lanjuti laporan aduan mereka, sebab pihaknya menilai ada tebang pilih penerapan hukum dalam persoalan tersebut.

“Sampai hari ini saya lihat pihak Kepolisian lepas tangan, sebab mereka tidak pernah menelpon kami mengenai tindak lanjut rencana perdamaian itu. Kalau ini ada tindak pidana, kami meminta ditindakan tegas,” paparnya.

Sebelumnya, Kapolres Aceh Selatan, AKBP Achmadi SIk melalui Kasat Reskrim Polres Aceh Selatan, AKP Darmawanto SSos, membantah jika disebut Polisi lambat menangani kasus pertikaian antara dua anggota tim pemenangan paslon gubernur Aceh.

Penegasan itu ia sampaikan untuk membantah pernyataan Juru Bicara Tim Pemenangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah Kabupaten Aceh Selatan, Tgk Samsul Bahri alias Mamak Bahri. “Tidak benar (Polisi lambat). Ini permasalahannya belum terjadi tindak pidana, barus sebatas pernyataan ‘kamu pengkianat’. Jadi setelah dikonfrontir mereka mau berdamai. Seharusnya, jika ada pihak yang keberatan maka di laporkan ke Panwalih, sebab masuk dalam tindak pidana pemilu,” jelas Darmawanto.[aceh.tribunnews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s