Zona Humaniora

Aryos Nivada: Para Simpatisan Paslon Belum Bisa Berpolitik Santun

arios-dZONADAMAI.COM, LHOKSUKON – Pengamat politik dan keamanan Aceh, Aryos Nivada menanggapi persoalan kericuhan antara tim pemenangan paslon Fakrurrazi-Mukhtar Daud (FA-TAR) dengan tim pemenangan paslon Muhammad Thaib-Fauzi Yusuf yang terjadi pada Sabtu (24/12) lalu.

Kejadian di Aceh Utara itu menunjuki bahwa para kandidat yang berkontestan di Pilkada belum bisa berpolitik santun dan tidak mengedepankan nilai-nilai berdemokrasi secara teratur terhadap aturan yang mengikat bagi kontestan itu,” kata Aryos Nivada kepada GoAceh, Senin (26/12).

Aryos Nivada kerap mendengar soal kasus perusakan alat-alat peraga kampanye di Aceh Utara. Hal tersebut menurutnya juga menunjukkan sebuah sikap berpolitik yang tidak mengedepankan kedewasaan.

Yang perlu dilakukan adalah bagaimana para pihak khususnya simpatisan ataupun kandidat untuk mengedepankan semangat politik damai dan semangat untuk memberikan contoh yang baik kepada masyarakat,” kata Aryos.

Agar tercipta suasana politik damai, Aryos Nivada berharap Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) untuk terus melakukan sosialisasi ataupun memberikan penyadaran bagi para kandidat secara rutin.

Panwaslih harus memberikan penyadaran melalui sosialisasi-sosialisasi secara rutin bagi para kandidat. Jangan hanya sekedar digelar secara seremonial,” ucapnya.

Aryos memprediksi eskalasi kekerasan pada Pilkada tahun 2017 ini bakal menurun dibandingkan dengan pemilihan pada tahun 2012 lalu. Saat ini, menurutnya, Pilkada Aceh sedang berlangsung stabil.[goaceh.co]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s