Zona Berita

Paus Fransiskus Doakan Korban Gempa di Aceh

gempa-aceh-2

ZONADAMAI.COM – Paus Fransiskus, Kamis (8/12/2016)  memanjatkan doa khusus bagi korban gempa yang terjadi pada Rabu. Gempa dengan kekuatan 6,5 SR di Propinsi Aceh yang telah menewaskan sedikitnya 102 orang.

“Saya memanjatkan doa kepada para korban dan keluarga mereka, pada yang terluka dan kepada orang-orang yang kehilangan rumahnya. Semoga Tuhan memberikan kekuatan pada penduduk yang terkena dampak gempa dan para sukarelawan yang membantu para korban,” kata Paus saat memimpin doa di Lapangan Santo Petrus,” kata Paus Fransiskus, seperti dikutip Reuters.

Safrina Sagala dari Caritas Keuskupan Agung Medan mengatakan keuskupan agung tersebut siap mengirim bantuan kepada para korban.

“Tim sedang dikirim untuk memastikan apa yang dibutuhkan,” katanya kepada ucanews.com

Sebuah tim Caritas dari Jakarta tiba di Medan pada 8 Desember untuk melihat bagaimana cara terbaik untuk membantu korban, katanya.

Menurut Juru Bicara Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugraoho menyatakan lebih dari 10.500 rumah rusak dan 55 masjid ambruk. Sebanyak 11.100 orang mengungsi.

Sementara di Pidie Jaya yang merupakan pusat terjadinya gempa bumi, upaya penyelematan korban terus dijalankan dan alat berat dikerahkan untuk mencari para korban yang mungkin masih tertimbun. “Kami harus bertindak lebih cepat untuk menyelamatkan para korban yang mungkin masih bisa diselamatkan,” kata seorang petugas BNPB Iskander Ali.

Gempa 6,5 SR yang terjadi pada hari Rabu adalah bencana terbesar di Aceh, sejak tsunami Samudera Hindia pada tahun 2004, yang menewaskan lebih dari 120.000 orang, di Aceh saja.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan korban tewas pada hari kamis sudah mencapai 102 orang, dengan lebih dari 700 yang mengalami luka-luka dan ribuan orang kehilangan tempat tinggal. [ucanews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s