Zona Berita

Foto Pria Mirip ‘Mualem’ Dengan Wanita Tanpa Jilbab, Palsu Atau Asli.?

asli-tapi-palsu1ZONADAMAI.COM, ACEH WATCH| Muncul foto Ketua Dewan Pimpinan Aceh Partai Aceh (DPA PA), H. Muzakir Manaf biasa disapa Mualem, dalam beberapa angel bersama seorang wanita cantik tanpa jilbab, Kamis (1/12). Di foto itu, Mualem tampak berrjalan bersama  dengan wanita cantik tanpa jilbab tersebut.

Dalam kacamata orang awam, sekilas foto itu memang asli.

Tapi menurut Cyberist Aceh Bergerak, Tgk Snowden, banyak sekali kejanggalan dalam foto itu untuk menyebutnya asli. Dia lebih cenderung menyatakan itu palsu dan sudah diedit dengan kecanggihan teknologi yang ada saat ini.

Ygk Snowden mengatakan “Memang dengan kecanggihan teknologi saat ini, semuanya bisa lebih mudah, bahkan dalam hal merekayasa, sebenarnya untuk melakukan pembuktian terhadap keaslian foto bisa kita lakukan dengan cara pengamatan secara visual dan metode ini tentulah membutuhkan kepekaan dalam melihat sebuah objek.

Cyberist ini menggunakan dua metode pembuktian, yang pertama secara manual yakni dengan pengamatan objek, yang kedua dengan memanfaatkan teknologi software yang bernama fotoforensics.

Dalam pengamatan pertama objek secara manual beberapa kejanggalan foto tersebut adalah, digambar pertama Mualem tidak memakai tas, kemudian digambar lainnya menggunakan tas, sementara wanita tersebut digambar pertama memegang plastik bewarna ungu sementara digambar selanjutnya tidak ada. Begitu juga dengan pakaian perempuan cantik itu. Di foto pertama terlihat bajunya masuk kedalam, sementara difoto selanjutnya terlihat bajunya seperti keluar dan bentuk lengan tangan juga janggal.

Kemudian dengan menggunakan metode manual properties gambar. Digambar pertama terlihat dimensi gambarnya berukuran 477×364 sementara digambar selanjutnya 479×439, ada ketidak konsistenan dimensi.

asli-palsu2

Sementara itu pengamatan kedua dengan menggunakan software fotoforensic.

Terlihat dalam metadata gambar tersebut, platform yang digunakan adalah apple computer,dan original transmissionnya berbeda.

Pria ini menjabarkan titik kepalsuan dalam foto itu. Menurutnya, foto itu sudah diedit menggunakan aplikasi dengan memanfaatkan beberapa metode, seperti Blurring (mengaburkan), Smoothing (memperhalus tepi), dan Smudging (memperhalus permukaan objek), clone stamp (kloning gambar).

rekayasa-3

Sayangnya, lanjut dia, semua kecanggihan si pengedit mudah diungkap. Sehingga dia sangat yakin foto itu sengaja dipoles sedemikian rupa agar terlihat asli bahwa Mualem itu sedang bersama perempuan tanpa jilbab.

Ini sebuah tindak kejahatan yang berkaitan dengan pemanfaatan teknologi informasi tanpa batas dan tanpa izin, pihak berwenang harus mengusut kasus penyebaran foto rekayasa ini dan mencari tahu siapa penyebarnya,” ungkapnya.[]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s