Zona Berita

11 Ribu Peserta Ikuti Apel Nusantara Bersatu di Papua

nuber-2

JAYAPURA-ZONADAMAI.COM:  Sekitar sebelas ribu warga dari berbagai kalangan mengikuti apel Nusantara Bersatu di Jayapura, Papua hari ini. Tokoh lintas agama mengajak seluruh peserta untuk mememperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Kapendam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf Teguh Pudji Raharjo mengatakan, apel digelar di depan Kantor Gubernur Papua, Jayapura, Rabu (30/11/2016) sejak pukul 07.00 WIT hingga pukul 11.00 WIT. Pangdam Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian, para tokoh agama, masyarakat, Pemda Papua, serta unsur TNI-Polri hadir dalam acara itu.

Apel itu diisi dengan pengibaran bendera merah putih, pemasangan merah putih hingga doa bersama untuk nusantara. Selain itu ada juga penampilan seperti pembacaan puisi oleh pelajar, kesenian nusantara, hingga penampilan dari penyanyi Edo Kondoloit.

“Kemudian tokoh-tokoh agama dari FKUB (Forum Kesatuan Umat Beragama) memberikan ajakan untuk hidup damai dalam perbedaan baik itu agama, RAS, jangan saling menyalahkan,” kata Teguh.

nuber-1

Teguh mengatakan, setiap kabupaten di Papua dan Papua Barat menyelenggarakan Apel Nusantara Bersatu yang digelar oleh panitia gabungan dari unsur TNI, Polri dan masyarakat.

“Kalau kegiatan yang di Jayapura itu dipusatkan di dua tempat, di perbatasan dengan Papua Nugini dan di depan kantor Gubernur,” ujarnya.

Sementara itu, Teguh mengajak kepada masyarakat luas untuk meneladani apa yang telah dilakukan para pendahulu bangsa.

“Para pendahulu bangsa, mereka sangat cerdas dalam menyatukan perbedaan yaitu Pancasila khususnya sila ke tiga. Perbedaan adalah anugerah dari Tuhan, kita diharpakan bisa menerima perbedaan, mari kita satukan langkah untuk sama-sama membangun Indonesia,” ujarnya.[detik.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s