Zona Berita

Masyarakat Sudah Dewasa Dalam Menyikapi Ketegangan Politik di Aceh

pilkada-ilustrasiZonaDamai.com, Banda Aceh – Berbagai macam kasus yang terjadi di Pilkada Aceh 2017 membuat masyarakat tidak mempedulikannya. Kasus penembakan terakhir yang dialami oleh salah satu pasangan calon Gubernur Aceh, Tarmizi Karim dinilai tidak akan menggangu aktivitas politik jelang Pilkada serentak 2017 di Provinsi Aceh.

Pengamat hukum dari Universitas Syiah Kuala, Syaifuddin Bantasyam mengatakan, “ketegangan jelang pemilu legislatif dan Pilkada di Indonesia sudah biasa terjadi. Seperti mulai dari berbagai bentuk ketegangan, dari yang biasa hingga pada kekerasan politik. Ada serangan-serangan dalam bentuk tulisan di medsos oleh timses, ada juga serangan verbal dalam berpidato dan kemudian juga terjadi bentrok fisik di lapangan”, Kamis (24/11).

Terakhir kasus penembakan rumah oleh orang tak dikenal pada 16 November 2016. Rumah tersebut diketahui merupakan kediaman salah satu calon Gubernur Aceh, Tarmizi Karim. Dari keterangan polisi, diketahui tembakan mengenai pagar rumah dan terdapat selongsong peluru di sekitar lokasi.

Hingga kini polisi masih melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut. Selain itu berkas kasus telah dilimpahkan dari Polresta Banda Aceh ke Polda Aceh untuk ditindaklanjuti.

Dosen Fakultas Hukum Universitas Syiah Kuala tersebut mengaku, secara umum, berbagai kejadian jelang Pilkada selama ini belum sampai mengganggu tahapan penyelenggara Pilkada. Selain itu ia melihat belum adanya pengaruh buruk pada kegiatan masyarakat sehari-hari.

“Syaifuddin Bantasyam menegaskan “Dalam pandangan saya, masyarakat belum menunjukkan rasa ketakutan atas kejadian-kejadian yang sudah terjadi beberapa kali di beberapa tempat”.[portalsatu.com]

Categories: Zona Berita, Zona Politik

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s