Zona Berita

Teror Jelang Pilkada 2017 Belum Pengaruhi Kondisi Keamanan di Aceh

stop-terorZONADAMAI.COM – Sejumlah kasus yang terjadi di Aceh selama beberapa waktu terakhir dinilai tidak mengganggu situasi keamanan terlebih jelang Pilkada 2017. Namun masyarakat diminta tetap untuk meningkatkan kewaspadaan diri mengantisipasi datang ancaman.

Tercatat terjadi kasus pelemparan granat di dekat posko salah seorang calon bupati Bener Meriah dan penembakan rumah calon Gubernur Aceh, Tarmizi Karim selama November 2016. Kondisi ini berlangsung saat masa kampanye bagi pasangan calon gubernur, bupati maupun walikota di Aceh.

Pengamat hukum di Aceh Syaifuddin Bantasyam menyebut kasus-kasus diduga teror yang terjadi selama ini bukan berarti menyimpulkan kondisi kekinian Aceh tidak aman. Terlebih lagi, tidak ada aktifitas warga yang terganggu.

“Saya pikir, terjadinya kasus-kasus di atas, tidak bisa serta merta disimpulkan bahwa Aceh menjadi tidak aman. Sebab dalam kenyataan sehari-hari kita bisa lihat bahwa seluruh aktifitas sosial ekonomi budaya masyarakat dan aktifitas-aktifitas politik, terus berlangsung,” kata Syaifuddin Bantasyam, Kamis (24/11/2016).

Saifuddin mengatakan, aktifitas warga yang tergolong lancar, menjadi indikator yang cukup sahih bahwa tindakan melawan hukum belum tentu mengusik rasa aman Aceh dan masyarakatnya selama ini.

“Saya lebih mendorong masyarakat untuk selalu bersikap waspada saja, be alert and aware, dan menjauhkan diri dari segala perilaku yang melanggar hukum, verbal dan nonverbal. Dan juga tidak ikut-ikutan memprovokasi via medsos misalnya. Jika warga masyarakat mengetahui ada keadaan-keadaan yang tidak benar dan berpotensi terjadinya kekerasan, maka lapor segera kepada polisi,” terangnya.

Tahapan kampanye bagi pasangan calon kepala daerah sudah berlangsung sejak 28 Oktober lalu. Tahapan ini akan berakhir pada 11 Februari mendatang sebelum kemudian memasuki masa tenang hingga waktu pencoblosan tiba pada 15 Februari 2017. [okezone.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s