Zona Berita

Parade Bhinneka Tunggal Ika, Kampanyekan Persatuan Indonesia

parade-bhineka-tunggal-ika-1

ZONADAMAI.COM – Massa berbagai daerah menghadiri Parade Bhinneka Tunggal Ika di Jakarta hari ini, Sabtu (19/11/2016). Parade berlangsung meriah diwarnai pentas seni dan kebudayaan dari berbagai komunitas dalam bentuk tari-tarian, nyanyian, hingga permainan alat musik daerah.

Acara ini digelar sebagai bentuk respek masyarakat terhadap polemik yang tengah terjadi di Indonesia dalam beberapa waktu ini yang berpotensi memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia sebagai sebuah bangsa yang majemuk.

Acara ini juga menjadi momentum refleksi atas sejumlah kejadian yang terjadi beberapa waktu belakangan, seperti pengeboman Gereja Oikumene, Sengkotek, Samarinda, Kalimantan Timur, pada 13 November 2016.

Karena itu sasaran yang dituju dalam aksi damai ini adalah merawat Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan kebinekaan Indonesia.

Acara yang dimulai sejak pukul 08.00 WIB itu menampilkan parade kebudayaan, yang akan berjalan dari Monas hingga Bundaran Hotel Indonesia (HI). Ribuan warga mengenakan beragam kostum, dari yang menampilkan pakaian khas di beberapa wilayah Indonesia hingga bergaya ala Romawi.

Beberapa orang secara simbolik melepas burung merpati sebagai lambang perdamaian dan membentangkan bendera Merah-Putih raksasa.[batasnegeri.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s