Zona Berita

Hari Anak Internasional, Momentum Kampanyekan Anti Kekerasan terhadap Anak

hari-anak-internasional

ZONADAMAI.COM – Hari Anak Internasional dirayakan setiap 20 November. Hari ini juga diperingati sebagai hari lahirnya Konvensi Hak-Hak Anak di tahun 1989.

Tema Hari Anak Internasional tahun ini fokus pada kampanye anti kekerasan terhadap anak.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Susana Yembise bersama jajarannya terus melakukan berbagai upaya untuk memberikan perlindungan terhadap anak-anak Indonesia dari aksi-aksi kekerasan.

Menurutnya, sebuah daerah bisa menjadi kota layak anak apabila sudah memenuhi berbagai indikator. Selain itu, koordinasi antara kementerian pusat dan pemerintah provinsi, kabupaten, atau kota harus berjalan baik.

Selanjutnya, sosialisasi dan penilaian harus dibuat untuk sekolah dan orangtua. Hal ini untuk mengevaluasi apakah sekolah maupun orangtua sudah memenuhi hak anak, melindungi anak, dan menjaga tumbuh kembang anak.

“Ini sedang kita buat, termasuk ke lingkungan. Setelah itu, kita akan dapat standar yang bisa disebar ke seluruh sekolah di Indonesia, keluarga, dan masyarakat. Sehingga, mereka bisa melakukan semua kegiatan yang berhubungan dengan anak yang harus ramah anak. Jadi semuanya serba ramah anak dan layak anak,” kata Yohana.[*]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s