Zona Humaniora

Puluhan Warga PNG Pilih Menetap di Indonesia

warga-png

MERAUKE-ZONADAMAI.COM: Wakil Bupati Merauke, Provinsi Papua Sularso mengatakan ada sejumlah warga Papua Nugini (PNG) yang pindah dan menetap di Indonesia untuk mendapatkan penghidupan yang lebih baik.

“Jumlahnya saya kurang tahu persis tetapi mereka menganggap bahwa lebih enak berada di Indonesia,” kata Sularso, Selasa (8/11/2016).

Pemkab Merauke, menurut Sularso, beberapa waktu lalu memfasilitasi masyarakat yang dengan sukarela menjadi warga negara Indonesia tersebut.

Menurutnya, masyarakat PNG di kawasan perbatasan tertarik dengan Indonesia, bahkan sejumlah warga PNG juga berobat dan bersekolah di Merauke.

“Walaupun secara tapal batas, wilayah negara itu kita punya batas, tetapi secara kultur masyarakat kita dan masyarakat PNG di daerah perbatasan ada kesamaan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa tidak ada prioritas dalam pelayanan kepada warga pindahan, sebab pemerintah memberikan perhatian yang sama terhadap seluruh warga Indonesia.

“Pelayanan kepada mereka disamakan dengan warga Indonesia lain,” tambahnya.

Sebelumnya, Ketua RT Dusun Yakyu, Kabupaten Merauke Raily Baiyau Maiwa mengatakan 23 Kepala Keluarga (KK) yang datang dari PNG dan menetap di Yakyu Indonesia merasa gembira.

“Kami pulang ke negeri kita, tanah kita sendiri, yang sekarang kita merasakan ‘we very happy’ sudah ‘global sistem’. Kita lebih senang,” katanya.

Ia mengharapkan pemerintah Indonesia memperhatikan warga Yakyu. [inilah.com]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s