Zona Hukum

Polres Pidie Lakukan Penyelidikan Terkait Pembakaran Mobil Milik Timses Irwandi

mobil-sedan-terbakar-di-jalan-margonda-depok-lalin-macet-totalZONADAMAI.COM – Kapolres Pidie AKBP M Ali Khadafi melalui Kabag Ops Kompol Apriadi mengaku sedang melakukan penyelidikan, terkait peristiwa pembakaran satu unit mobil Opel Blazer, Nopol BK 1411 BL, milik Muhammad (41), Sekjend Seuramoe Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah Pidie, sekira pukul 05.00 WIB, Jumat (11/11/2016) lalu. “Ya, ada peristiwa itu. Kami sudah menurunkan tim dan melakukan penyelidikan,” sebut Apriadi, Jumat malam.

Kata Apriadi, pihaknya telah membentuk tim gabungan dari satuan intelijen dan reserse kriminal umum. “Untuk sementara, kami mengumpulkan barang bukti serta sejumlah keterangan dari saksi-saksi. Nanti kalau sudah semua jelas, akan kami informasi pada kawan-kawan wartawan,” ujar Apriadi.

Seperti diwartakan sejumlah media pers cetak dan online, saat dibakar, mobil Blazer itu sedang diparkir pada perkarangan rumah Muhammad, di Desa Peunayong Kemukiman Bambi, Kecamatan Peukan Baro. Muhammad sendiri berasal dari Desa Keunee, Kecamatan Geumpang, Kabupaten Pidie.

Informasi yang dikumpulkan wartawan dari berbagai sumber di Pidie menyebutkan. Rabu (09/11/2016), sekira pukul 16.00 WIB, Muhammad memasang spanduk di samping Pos Jaga Jalan Bambi-Lampoh Saka Desa Peunayong, Peukan Baro. Lalu, pada Kamis, 10 November 2016, sekira pukul 22.30 WIB, Muhammad pulang dari Seuramoe Irwandi Yusuf Jalan Malahayati Desa Blang Paseh Kecamatan Kota Sigli menuju rumahnya di Desa Peunayong, Peukan Baro. “Sekitar Jum’at subuh, tetangga Muhammad, Nurlelawati mendegar suara terbakar dan bau plastik yang terbakar. Lalu, Nurlela melihat keluar melalui jendela rumahnya dan melihat kap mesin mobil Muhammad dalam kondisi terbakar yang diparkir dihalaman rumahnya,” ujar salah satu sumber.

Melihat kejadian itu, Nurlelawati langsung memanggil Muhammad yang saat itu berada dalam kamar rumahnya. Kemudian korban keluar dari rumahnya dan melihat langsung kobaran api di kap mesin mobilnya. “Akibat kejadian tersebut, Muhammad masuk dalam rumah untuk menghidupkan sanyo dengan menyiram kobaran api dan ditemukan plastik gula di bawah kap mesin,” ujar sumber tersebut.

Tetangga Muhammad, Erlinawati mengatakan, dirinya ada mendengar suara sepeda motor yang dihidupkan sekitar 60 meter dari TKP. Namun Erlinawati tidak mengetahui jenis sepeda motor. Nah, tak lama kemudian atau sekira pukul 09.00 WIB, Tim Penasehat Seuramoe Irwandi Yusuf Pidie Rusli MD alias Belalang menghubungi Zaini Yusuf (adik kandung Calon Gubernur Aceh DR. drh. Irwandi Yusuf). Begitupun, hingga siang ini, Irwansyah atau akrab disapa Tgk Maksalmina, Ketua Partai Nasional Aceh (PNA), partai lokal besutan Irwandi, pengusung utama pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah, belum berhasil dihubungi.

Sumber di jajaran Polres Pidie mengungkapkan. Ada dugaan, pembakaran mobil tersebut menggunakan minyak tanah, dengan cara menyiram pada kap mesin mobil. Dugaan ini diperkuat dengan ditemukannya bekas plastik bungkus gula yang berbau minyak tanah. Selain itu, keadaan di lokasi satu hari sebelum kejadian pembakaran terhadap mobil korban, ada terjadi pemelasteran rumah Muhammad dan mobil tersebut dimundurkan ke belakang. Pada saat kejadian pintu pagar rumah dalam keadaan tertutup dan tidak dikunci.

Itu sebabnya, pada Jumat pagi sekitar pukul 10.00 WIB, Muhammad melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Peukan Baro secara lisan (melalui telpon seluler). Sebaliknya, dia tidak memberitahukan kejadian ini pada anggota Timses Irwandi Yusuf lainnya. Alasan Muhammad dia sengaja meredam masalah tersebut agar tidak terjadi aksi lanjutan. Dia mengakui, saat pembakaran, mobilnya dalam kondisi mati (baterai tidak ada). Saat ini, kasus tadi sudah ditangani Polres Pidie, guna mengungkap motif dan pelaku yang melakukan pembakaran. Polres Pidie telah memasang police line di TKP. “Ya, agar semua barang bukti dan petunjuk awal tidak hilang. Situasi dan kondisi pasca kejadian juga normal kondusif,” ungkap Kapolres Pidie melalui Kabag Ops Kompol Apriadi. [modusaceh.co]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s