Zona Berita

Jonan Tawarkan Perancis Bangun Infrastruktur Listrik di Papua

listrikpapua

ZONADAMAI.COM: Pemerintah terus menjalin kerja sama dengan negara Perancis, salah satunya di sektor energi. Hari ini Duta Besar Perancis untuk Indonesia Berthonnet menemui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan untuk membahas kelanjutan kerja sama ini.

Dalam pertemuan tersebut, Berthonnet menjelaskan Pemerintah Perancis menawarkan kerja sama energi baru terbarukan (EBT), yakni panas bumi, energi laut, hingga smart grid. Smart grid adalah jaringan listrik yang secara cerdas mengintegrasikan aksi-aksi dari seluruh pengguna yang tersambung. Mulai dari pembangkit, perangkat transmisi, dan konsumen untuk mengantarkan listrik dengan efisien, berkelanjutan, ekonomis dan aman.

“Kami berada di sini sebagai tindak lanjut pola kerja sama dari pertemuan pada bulan Juni (2016) antara Menteri Energi Prancis dan Menteri ESDM,” kata Berthonnet saat acara Business Meeting Indonesia-Perancis di Gedung Kementerian ESDM, Selasa (1/11).

Pemerintah Perancis melihat Indonesia memiliki potensi EBT yang luar biasa besar. Demi mengoptimalkan potensi tersebut, mereka bersedia membantu Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi di dalam negeri. Menurut Berthonnet, perusahaan-perusahaan Perancis punya pengalaman yang cukup baik dalam mengelola tiga sektor EBT tersebut.

Jonan pun menyambutnya secara positif tawaran dan komitmen Perancis menggarap sumber daya energi di Tanah Air. Apalagi pemerintah saat ini tengah memprioritaskan pemerataan keterjangkauan elektrifikasi di seluruh Indonesia, terutama di wilayah Papua.

Jonan ingin mengarahkan minat investasi perusahaan-perusahaan Perancis menggarap potensi EBT di Papua. Alasannya jika pemerintah membangun jaringan di Papua, itu akan memakan biaya cukup besar. “Saya sadar sebagai negara kepulauan tidak semua wilayah bisa terlistriki secara off grid, karena sebagian besar seperti cadangan gas berlokasi di wilayah Barat, dan ini adalah tantangan,” ujarnya. [katadata.co.id]

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s