Zona Berita

Inilah Visi dan Misi Irwandi-Nova “Aceh Hebat”

irwandi-nova-vmZonaDamai.com, Banda Aceh – Penyampaian visi dan misi enam pasangan calon Guber‎nur dan Wakil Gubernur Aceh telah dilaksanakan di Gedung DPRA, Banda Aceh, Jumat (28/10). Di antaranya pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah yang mendapat giliran terakhir sesuai nomor urut 6.

Dalam penyampaian visi dan misinya, Irwandi mengatakan, “visi dan misi yang akan disampaikan bernama ‘Aceh Hebat’. Adapun visi yang disebutkan dalam pemaparannya adalah, “terwujudnya Aceh yang damai dan sejahtera melalui pemerintahan yang bersih, adil dan melayani”.

Visi ini mengandung 3 kata kunci, yakni pertama, Aceh yang damai, di mana perdamaian berlangsung secara berkelanjutan dengan prinsip yang tertuang didalam MoU Helsinki.

Kedua, “Aceh yang sejahtera, di mana rakyat Aceh memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan, pendidikan, perubahan dan kesempatan mendapatkan pekerjaan dan pendapatan yang layak”.

Ketiga, “pemerintahan yang bersih, adil dan melayani, bermakna tata kelola pemerintahan yang transparan dan bebas fungsi guna mendukung pelayanan publik yang mudah, cepat, tepat sasaran, berkualitas serta merata,” ujarnya.

Untuk mewujudkan visi ini, pihaknya mengusung sembilan misi, yakni:

  1. Reformasi birokrasi untuk tercapainya pemerintahan yang bersih dan berwibawa, guna mendukung pelayanan publik yang mudah, cepat, berkualitas‎ dan lainnya.
  1. Memperkuat perkembangan syariat Islam dan nilai keislaman dan budaya Aceh dalam kehidupan masyarakat dengan ikhtikat ahli sunah yang bersumber hukum pada mazhab syafiiah dengan tetap menghormati mazhab lainnya.
  1. Menjaga integritas nasionalisme dan berlanjutnya perdamaian sebagai tindak lanjut prinsip-prinsip MoU Helsinki.
  1. Membangun masyarakat yang berkualitas dan bernilai saing di tingkat nasional dan regional melalui peningkatan mutu pendidikan secara merata.
  1. Memastikan semua rakyat Aceh mendapatkan akses pelayanan kesehatan secara mudah, berkualitas.
  1. Menjamin kedaulatan dan ketahanan pangan terhadap kesejahteraan petani dan nelayan melalui peningkatan produktivitas dan nilai tambah hasil pertanian dan kelautan.
  1. Menyediakan sumber energi yang bersih dalam rangka pemenuhan kebutuhan akan listrik bagi rakyat dan industri sebagai komitmen Aceh dalam pembangunan rendah teknisi.
  1. Membangun dan melindungi sentral-sentral produksi dan industri jasa kreatif‎ yang menghasilkan produk kompetitif untuk memperluas lapangan kerja serta memberikan akses permodalan
  1. Revitalisasi fungsi pekerjaan daerah, dengan prinsip yang efektif, efisien dan berkelanjutan.

Adapun program unggulan yang akan diciptakan pada 5 tahun ke depan adalah:

  1. ‎Aceh Sejahtera (JKA Plus)
  2. ‎Aceh SIAT (Sistem Informasi Aceh Terpadu)
  3. Aceh Caroeng (Cerdas)
  4. ‎Aceh Energi
  5. Aceh Meugoe dan Meulaot
  6. Aceh ‎Troe (Kenyang)
  7. Aceh Kreatif
  8. Aceh Kaya
  9. Aceh Peumulia
  10. Aceh Damee (Damai)
  11. Aceh Meuadab (Beradab)
  12. Aceh Teuga (Kuat)
  13. Aceh Green, dan lainnya.[*]
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s