Zona Berita

Tiga Bendera Bintang Bulan Kembali Berkibar di Aceh Timur

bendera-gamZonaDamai.com, Aceh Timur – Tiga bendera ‘kebanggaan’ masyarakat Aceh kembali dikibarkan oleh orang tak dikenal (OTK) tepatnya di Desa Dama Pulo, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur, Sabtu (22/10).

Menurut informasi yang dihimpun Klikkabar.com, pengibaran bendera bintang bulan tersebut merupakan kali ketiga setelah 11 Oktober 2016 kemarin juga ditemukan tiga lembar dan pada 12 Oktober 2016 kembali dikibarkan empat lembar bendera bintang bulan di tempat yang sama.

Bendera bintang bulan tersebut dikibarkan di Jalan Lintas Idi – Keude Gerobak atau persis di gapura Desa Dama Pulo, diatas salah satu spanduk salah satu kandidat Gub/Wagub Aceh dan Bupati/Wabup Aceh Timur.

Letak gapura itu sendiri berdekatan dengan rumah Nurdin alias Den Botak, mantan Panglima Daerah IV Wilayah I Keude Gerobak. Saat ini, aparat kepolisian dibantu anggota Koramil 08/Idi Rayeuk sudah menurunkan bendera tersebut untuk selanjutnya diamankan ke Mapolsek Idi Rayeuk.

Bendera bintang bulan seyogyanya sudah dijadikan sebagai bendera Provinsi Aceh. Hal ini tertuang dalam Qanun (Perda) Aceh Nomor 3 tentang Lambang dan Bendera Aceh yang sudah disahkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA) pada tahun 2013.

Namun bendera ini masih menuai kontroversi, dikarenakan mirip dengan bendera kebesaran Gerakan Aceh Merdeka (GAM) sehingga Pemerintah Pusat belum mengizinkan bendera itu dikibarkan secara resmi. Pemerintah Aceh dan pusat sudah berulang kali berunding terkait masalah ini, namun hingga kini belum ada titik temu yang berhasil dicapai.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s