Zona Berita

Pagi Tadi, KIP Aceh Plenokan Rekap Verifikasi Faktual

logo-kip-acehZONADAMAI.COM – KOMISI Independen Pemilihan (KIP) Aceh, pagi ini, Sabtu (22/10) pukul 08.30 WIB memplenokan hasil rekapitulasi tingkat Provinsi syarat dukungan perbaikan pasangan bakal calon (balon) Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dari jalur perseorangan (Independen). Pleno yang berlangsung di Hotel Mekkah, Banda Aceh, untuk menghitung dan menentukan lolos atau tidaknya pasangan cagub/cawagub dari jalur perseorangan.

Ketua KIP Aceh, Ridwan Hadi SH menjawab Serambi, Jumat (21/10) malam mengatakan, “rapat pleno tersebut akan dihadiri penghubung atau tim kampanye yang mendapat mandat dari pasangan balon. Rekap itu nanti akan disampaikan langsung oleh masing-masing KIP kabupaten/kota secara terbuka. Jadi jangan hanya KIP Aceh tok yang tahu lebih dulu, tapi KIP, peserta, wartawan tahu bersamaan”.

Ridwan menyatakan, “KIP Aceh nanti hanya mencatat jumlah perolehan syarat dukungan fotokopi KIP sah yang dibacakan oleh masing-masing komisioner KIP kabupaten/kota. Apabila ada keberatan terhadap hasil rekap, maka akan diselesaikan sesuai dengan aturan yang berlaku”.

Kita kan ada Panwaslih dan KIP kabupaten/kota. Tapi jika tidak bisa dibuktikan dengan bukti yang konkret maka kita putuskan (dalam rapat pleno), tetapi jika masih ada keberatan itu menjadi wilayah sengketa,” ujar dia.

Setelah memplenokan hasil rekapitulasi verifikasi faktual, selanjutnya KIP Aceh dan Kabupaten/Kota akan melakukan penetapan pasangan calon pada 24 Oktober. Lalu dilanjutkan dengan penarikan nomor urut calon pada 25 Oktober. Sedangkan tahapan kampanye akan dilakukan dari 28 Oktober 2016 sampai 11 Februari 2017.

Pada hari pertama kampanye, akan dilaksanakan penyampaian visi misi dari pasangan calon di depan sidang istimewa paripurna DPRA dan untuk calon bupati dan wali kota akan disampaikan dalam sidang istimewa paripurna DPR kabupaten/kota. Setelah itu baru dilakukan pemungutan suara pada 15 Februari 2017,” katanya.[aceh.tribunnews.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s