Zona Politik

Penambahan Pasukan BKO di Aceh Gunakan Anggaran Mabes Polri

polri_brimob_1

ZONADAMAI.COM – Sebanyak 1.900 pasukan bawah kendali operasi (BKO) akan disebar ke seluruh penjuru Aceh jelang Pilkada Aceh serentak 2017. Tambahan pasukan tersebut guna mengantisipasi adanya potensi konflik di Tanah Rencong.

Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Goenawan, mengatakan bahwa biaya yang akan dikucurkan untuk penambahan pasukan keamanan tersebut mencapai Rp. 1,8 miliar.

“Rp. 1,8 miliar itu rencana anggaran yang dibutuhkan untuk pengamanan nanti. Tetapi itu belum deal. Masih terus dikoordinasikan,” kata Kombes Goenawan di Banda Aceh, Kamis (13/10/2016).

Anggaran yang tidak sedikit tersebut, kata Goenawan, berasal dari Mabes Polri sendiri melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Ia menambahkan status Aceh jelang Pilkada sendiri masih tertib sipil. Meski begitu, Polri telah memberi perhatian khusus terharap Pilkada Aceh dan Papua Barat.

Menurutnya, BKO yang akan didatangkan bukan untuk memberi nuansa traumatik. Namun hanya ditempatkan di daerah tertentu yang memang dibutuhkan tambahan bantuan pasukan saja.

“Polisi juga akan ditempatkan di seluruh TPS yang ada. Dan juga memang ada SOP tentang peralatan yang akan dibawa nantinya,” jelasnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu, Kapolda Aceh Brigjen Rio Septianda Djambak mengaku BKO yang telah disetujui oleh Kapolri tersebut sudah ada pada Januari tahun depan.

“TNI juga akan kita minta bantuan kekuatan dari Kodam I Iskandar Muda,” kata Brigjen Rio. [okezone.com]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s