Zona Berita

Hasil Riset Bawaslu RI, Pilkada di Aceh, Papua Barat dan Banten masuk kategori sangat rawan

ZONADAMAI.COM – Hasil riset Bawaslu dan beberapa lembaga terkait kerawanan dalam penyelenggaraan  Pilkada, menunjukkan Aceh termasuk dalam 3 (tiga) dengan tingkat kerawanan tertinggi. Dua daerah lainnya adalah Banten dan Papua Barat.

”Apa yang saya sampaikan ini merupakan hasil riset yang meli

Ketua Bawaslu RI Prof.Dr.Muhammad

Ketua Bawaslu RI Prof.Dr.Muhammad

batkan Bawaslu dan beberapa lembaga sehingga hasilnya objektif, daerah yang masuk kategori sangat rawan tersebut adalah Banten, Aceh dan Papua Barat,” ungkap Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Prof.Dr.Muhammad,S.IP,M.Si kepada pers saat membuka acara Focus Group Discussion (FGD) yang diselenggarakan oleh Panwaslih Aceh di Hermes Hotel, Banda Aceh, Selasa, (11/10/2016).

Namun menurut Muhammad, kerawanan ini bukan berarti akan terjadi kerusuhan dan aksi pembakaran, akan tetapi hasil riset ini diharapkan bisa menjadi warning system untuk memproteksi tingkat kerawanan di tiga wilayah tersebut.

”Kalau kita tidak mengantisipasi tingkat kerawanan ini, maka bisa saja hal ini menjadi kerawanan yang sesungguhnya. Jadi Bawaslu memberikan peringatan dini bagi pihak terkait di Aceh bahwa ada potensi kerawanan pada pelaksanaan Pilkada di wilayah Serambi Mekkah ini,” pungkas pria yang juga merupakan Guru Besar Ilmu Politik di Universitas Hasanuddin Makassar tersebut.

Komisioner Panwaslih Aceh bidang Divisi Humas dan sosialisasi Irhamsyah,SH kepada aceHTrend menyebutkan selain di buka langsung oleh ketua Bawaslu RI dan dihadiri sejumlah komisioner Panwaslih Aceh dan Bawaslu Aceh, acara FGD dalam rangka pengawasan Pilkada partisipatif dengan cara pelatihan media massa dan ormas di Aceh ini, juga di hadiri oleh komisioner Bawaslu RI lainnya yaitu Nasrullah, dan Nelson Simanjuntak.

Selain itu menurut Irhamsyah pihak panitia juga mengundang sejumlah wartawan baik media cetak maupun elektronik, serta sejumlah pimpinan ormas dan LSM yang terlibat langsung dalam Pilkada Aceh, diantaranya Muazzinah Yakob mewakili pimpinan Aceh Institute (AI), Zubaidah Azwan (Ketua Fraksi Pilkada Aceh), dan Sudirman (Sekjend Forum LSM Aceh).[acehtrend.co]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s