Zona Editorial

Selamat Datang Komisioner KKR Aceh

komisioner-kkr-aceh-siap-dilantik

Komisioner KKR Aceh siap dilantik

ZONADAMAI.COM – Meski telah diamanatkan sejak 2006 dalam UU Pemerintahan Aceh, namun DPR Aceh baru melahirkan Qanun (Perda) tentang Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi (KKR) Aceh pada 2013, yaitu melalui Qanun Nomor 17 Tahun 2013 tentang KKR Aceh. Dan para komisionernya baru direkrut pada Juli 2016 dan hasil seleksinya diumumkan dalam sidang paripurna khusus DPRA di Gedung Utama DPR Aceh, Senin (10/10/2016).

Sidang paripurna tersebut menetapkan Afridal Darmi dan Muhammad MTA sebagai Ketua dan Wakil Ketua KKR Aceh periode 2016 – 2021. Lima Anggota komisioner masing-masing adalah Mastur Yahya, Fuadi, Fajran Zain, Evi Narti Zain dan Ainal Mardhiah.

Komisi ini akan mulai bekerja setelah dilantik oleh Gubernur Aceh. Sedianya, acara pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsinya, Komisioner KKR Aceh akan dibantu oleh enam kelompok kerja, meliputi kelompok kerja bidang perempuan, bidang reparasi, bidang perlindungan saksi dan korban, bidang dokumentasi dan publikasi serta bidang rekonsiliasi.

Sesuai amanat MoU Helsinki, KKR Aceh dibentuk untuk mengungkap kebenaran terkait pelanggaran HAM yang terjadi di Aceh selama masa konflik. Semacam ‘alat’ bagi para korban pelanggaran HAM di Aceh untuk mendapatkan hak-hak mereka.[*]

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s