Zona Berita

DPR Aceh Sedang Bahas Qanun Pilkada

dpra-paripurna

ZONADAMAI.COM – Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Rabu (5/10/2016) mulai membahas Rancangan Qanun (Raqan) tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati  serta Walikota dan Wakil Walikota di Gedung Utama DPRA. Pembahasan Raqan Pilkada ini diagendakan akan selesai pada Jumat (7/10/2016).

Selain Raqan Pilkada Aceh yang merupakan revisi Qanun No. 5 Tahun 2012, DPRA juga membahas tiga Raqan lainnya pada masa sidang kali ini, yakni Raqan tentang Kehutanan Aceh, Raqan perubahan atas Qanun Nomor 3 Tahun 2014 Tentang Retribusi Perizinan, dan Raqan tentang Infaq, Zakat dan Sadaqah.

Raqan tentang Pilkada Aceh dalam dinamika pembahasan di DPRA saat ini, kemungkinan akan berganti nama karena mengalami perubahan hingga lima puluh persen dari Qanun 5/2012. Perubahan sebanyak itu lantaran harus  diharmonisasikan serta disinkronisasikan secara komprehensif dan sistematis dengan aturan yang ada pada UU Nomor 12 tahun 2011 dan Peraturan KPU (PKPU).

“Maka dari itu dibuat qanun baru dengan nama baru yaitu Rancangan Qanun tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Hal ini mengacu kepada aturan yang ada pada UU Nomor 12 tahun 2011,” kata Ketua DPR Aceh, Tengku Muharuddin pada Rapat Paripurna I, Rabu (05/10/2016).

Kata Muhar, perubahan qanun yang mengatur persolan Pilkada itu perlu dipercepat karena tahapan Pilkada sudah memasuki beberapa tahapan. Setelah Raqan ini ditetapkan menjadi qanun dan dilembar Acehkan, kata Muhar, maka aturan pelaksanaan Pilkada serentak 2017 di Aceh mengacu pada qanun yang yang dimaksud.[*]

Advertisements

Categories: Zona Berita

Tagged as: , , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s