Zona Berita

Kandidat Balon Pemimpin Aceh Mulai Berguguran

enam-balon-gubernur-dan-wakil-gubernur-uji-baca-alquran-di-mrbZONADAMAI.COM – Deretan kandidat kepala daerah yang gagal ke tahapan berikutnya pada proses Pilkada Aceh 2017 dilaporkan semakin panjang. Faktor kesehatan dan uji mampu baca Quran menjadi penyebab gugurnya para kandidat calon Bupati, Wakil Bupati, Walikota, dan Wakil Walikota.

Laporan terbaru yang dihimpun Serambi menyebutkan, bakal calon (balon) Bupati Gayo Lues (Galus), Hj Salamah yang akrab dipanggil Bunda dinyatakan gugur setelah dipastikan tidak lulus tes kesehatan (psikologi) di RSUZA Banda Aceh.

Seperti diketahui, Hj Salamah adalah istri dari Ibnu Hasim, Bupati Galus yang kini sedang menjabat. Pantauan Serambi sejak Sabtu (01/10), ratusan warga berkumpul di kediaman Hj Salamah di Blangsere. Terlihat juga ratusan mobil yang menempelkan gambar Hj Salamah dan pasangannya, H Rajab Marwan (mantan Sekwan Galus) berjejer di sekitar kediaman sang cabup. Puluhan personel Polres Galus juga disiagakan di Kantor KIP Galus.

Pasangan Hj Salamah-H Rajab Marwan diusung oleh Partai Demokrat, PDIP, PPP, dan PBB. Baik Hj Salamah maupun calon wakilnya sama-sama lulus tes uji mampu baca Quran.

Ketua KIP Galus, Alfin Anhar kepada Serambi membenarkan salah seorang Cabup yaitu Hj Salamah dinyatakan tidak lulus tes kesehatan sehingga gagal melanjutkan ke tahapan berikutnya. “Sedangkan untuk uji mampu baca Quran, ketiga pasangan cabup dan cawabup Galus lulus,” kata Alfin.

Menurut Alfin, selanjutnya untuk penggantian Hj Salamah diberikan rentang waktu dari 30 September hingga 5 Oktober untuk menyerahkan nama calon pengganti dan berkas persyaratan lainnya untuk mengikuti kembali tahapan Pilkada. Dua pasangan lainnya yang siap berkompetisi di Pilkada Galus, yaitu H Muhammad Amru-Said Sani (Mass) dan H Adam-Iskandar (Hadis).

KIP Abdya memastikan Ir M Fakhruddin gugur sebagai bakal calon Bupati Abdya. Hal itu disampaikan Ketua KIP Abdya, Elfiza SH MH mengutip surat balasan dari KPU tentang permohonan penjadwalan ulang tes kesehatan dan uji mampu baca Quran dari tim pemenangan Ir Fakhruddin-Sulaiman Adami SP kepada KIP Abdya.

KPU sudah menjawab surat permohonan penjadwalan ulang tes kesehatan dan uji mampu baca Alquran, hasilnya menolak permohonan itu dan menyatakan Ir M Fakhruddin tidak memenuhi syarat sebagai calon atau dinyatakan gugur,” kata Elfiza kepada Serambi, Minggu (02/10) sore.

Menurut Elfiza, pihaknya akan menyurati partai pengusung dan tim pemenangan Ir M Fakhruddin untuk segera menyiapkan pengganti. “Terkait adanya wacana mengusul kembali M Fakhruddin pada masa perbaikan itu, juga tidak dibolehkan. KPU meminta tim pemenangan dan parpol pengusung mencari calon pengganti bukan mengajukan nama yang sama, karena Pak Fakhruddin dianggap tidak memenuhi syarat dan gugur,” sebutnya.

Dijelaskan, nama pengganti itu harus diserahkan paling lambat tujuh hari sebelum 24 Oktober, karena para calon pengganti akan dilakukan tes kesehatan dan uji mampu baca Quran paling lambat 17 Oktober.

Iya, secara otomatis mereka harus mengusulkan bakal calon bupati dan wakil bupati yang baru, karena Sulaiman Adami SP sebelumnya dinyatakan tidak lulus dan gugur pada tes kesehatan,” terangnya.

Seperti diketahui, Ir Fakhruddin-Sulaiman Adami diusung Partai Hanura (2 kursi), Partai Golkar (1 kursi), PBB (1 kursi), PDIP dan PPP (non-kursi). Elfiza juga menyebutkan, empat bakal calon dari jalur perseorangan telah melengkapi kekurangan dukungan KTP pada masa perbaikan.

Pasangan tersebut masing-masing Zainal Arifin-Said Azhari menyerahkan 681 KTP, Hasbi-Alamsyah 3.922 KTP, Junaidi 3.424 KTP, dan HM Qudusi Syam Marfaly 3.757 KTP. Keempat pasangan ini menyerahkan lebih dari jumlah kekurangan.

Terkait dua balon Wakil Bupati dari jalur perseorangan yang gugur, yakni Burnisal (pasangan Qudusi) dan Masrizal (pasangan Junaidi), hingga saat ini KIP Abdya belum menerima pengganti dari tim pemenangan masing-masing.

Di Aceh Tamiang ada dua kandidat yang gugur, yaitu Lukmanul Hakim dan Tgk Yusni alias Tgk Tam. Kedua bakal calon tersebut gugur karena faktor kesehatan psikologis.

Lukmanul Hakim merupakan bakal calon Bupati dari jalur independen. Dia berpasangan dengan Abdul Manaf. Sementara Tgk Yusni maju sebagai bakal calon Wakil Bupati berpasangan dengan Ir Rusman yang diusung Partai Aceh.

Tgk Yusni juga Ketua DPD II Golkar Aceh Tamiang dan juga mantan Ketua DPRK Aceh Timur dan DPRK Aceh Tamiang.

Dari Aceh Singkil dilaporkan, Hendri Syahputra menjadi balon Wakil Bupati pengganti M Akhyar Abduh yang tidak lulus tes kesehatan. Hendri mengikuti tes mampuh baca Quran, Minggu (02/10) di Singkil.

Ketua KIP Aceh Singkil, Yarwin Adi Darma mengatakan “Hendri Syahputra merupakan bakal calon wakil bupati pengganti yang akan mendampingi bakal calon bupati Putra Ariyanto”.

Sebelum mengikuti tes mampu baca Quran, Hendri Syahputra mengatakan, “dirinya bersedia menjadi bakal calon pengganti berdasarkan hasil keputusan partai pengusung. Memang awalnya ada sejumlah nama sebagai pengganti. Namun partai pengusung serta simpatisan memutuskan saya”.

Abdul Ghafur dari tim pemenangan mengatakan, pertimbangan memutuskan Hendri Syahputra karena dinilai paling siap secara administrasi. “Waktu tersedia mengajukan calon pengganti sangat mepet. Ustaz Hendri paling siap secara administrasi juga berdasarkan sejumlah pertimbangan lainnya,” ujar Ghafur.[aceh-tribunnews.com]

Advertisements

Categories: Zona Berita, Zona Politik

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s