Zona Berita

KIP Aceh : Menggelar Teknis Tata Cara Pencoklitan Pemilihan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh 2017

goaceh_mlwlcZONADAMAI.COM – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kota Banda Aceh menggelar teknis tata cara pencocokan dan penelitian (Coklit) pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh, Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh, kepada penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Banda Aceh, yakni Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Petugas Pemuthakiran Data Pemilih (PPDP).

Ketua KIP Banda Aceh Munawar Syah mengatakan “ kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 5-6 September 2016 di Aula Balai Wali Kota Banda Aceh. Hari pertama diikuti oleh penyelengara pemilu dari Kecamatan Meuraxa, Kuta Alam, Syiah Kuala Ulee Kareng. Untuk hari kedua Kecamatan Baiturrahman, Lueng Bata, Kuta Raja, Banda Raya dan Jaya Baru,” Senin (05/09).

Dalam pelaksanaan coklit ini nantinya pihak PPDP akan melakukan pemuthakiran langsung ke seluruh gampong yang ada di Banda Aceh selama 30 hari, terhitung sejak Kamis, 8 September sampai dengan 7 Oktober 2016.

Setelah coklit ini selesai dilakukan oleh PPDP, maka data tersebut akan diserahkan kepada PPS untuk diverifikasi lebih lanjut, kemudian PPS diberikan waktu tujuh hari menyiapkan data dan memberikannya kepada PPK.

Setelah itu, PPK akan melakukan rekapitulasi data coklit yang telah diterima selama dua hari, dari 25-26 Oktober 2016 sebelum diserahkan ke KIP Banda Aceh.

Lalu KIP akan melakukan pleno seluruh data yang telah direkap selama dua hari, dan menetapkan daftar pemilih sementara,” jelasnya.

Kata Munawar Syah, untuk saat ini KIP Banda Aceh sudah menerima daftar pemilih petensial pemilu dari Kementrian Dalam Negeri (Mendagri) sebanyak 181.819 dan akan dimutakhirkan.

Munawar Syah berharap kepada seluruh penyelenggara pilkada Banda Aceh tahun 2017 harus bertanggung jawab atas amanah yang telah diemban sehingga mendapatkan hasil terbaik.[ajjn.net]

Categories: Zona Berita, Zona Politik

Tagged as:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s