Zona Berita

Pencurian KTP Warga Untuk Syarat Pilkada, Pelanggaran Serius

KTP tanpa ijin

ilustrasi

 

*) Pemilik KTP bisa mengajukan tuntutan hukum terkait penggunaan tanpa ijin pemiliknya

Banda Aceh – ZONADAMAI.COM: Dalam Pilkada Aceh kali ini, banyak warga mengaku bahwa KTP-nya telah digunakan tanpa sepengetahuan dirinya oleh tim sukses calon gubernur dan calon bupati dari jalur independen.

Atas pengakuan warga tersebut, pengacara senior, Masri Gandara Marzuki SH, mengatakan penggunaan KTP warga tanpa ijin pemiliknya untuk memenuhi syarat dukungan calon independen di pilkada Aceh merupakan pelanggaran serius.

Kata Masri, warga bisa mengajukan tuntutan hukum terkait pelanggaran yang terjadi tersebut.

“Ini persoalan serius. Warga yang merasakan dirugikan atas kasus ini bisa mengajukan tuntutan hukum,” kata Masri Gandara yang juga pengacara PT. Aceh Media Group yang memayungi mediaaceh.co ini.

Menurutnya, siapa pun yang mengambil milik orang lain dengan cara apapun walaupun 2 helai rambut tetap sebagai pencurian.

“Maka dalam kasus KTP ada seseorang yang mengambil dari pemiliknya, selanjutnya tindakan mencuri itu disebut sebagai pencurian.  Disini orang yang mencuri yang harus dilapor dan tersangka bila terbukti bisa dihukum. Putusan hukuman itu bisa dijadikan sebagai bukti,” ujar Masri Gandara.

Kata Masri lagi, KTP orang lain yang diambil dengan alasan akan digunakan untuk hal tertentu, namun mereka yang mengambil mengunakan untuk pencalonan, maka KTP itu berbeda alasan maka dapat dikatagorikan pemalsuan pengunaannya.

“Pemalsuan ini muaranya bukan kepada KUHP tapi bermuara kepada UU Pilkada, maka sejak dini calon lain wajib mengajukan keberatan kepada KIP dan bawaslu tentang adanya pelanggaran pidana dalam pengambilan KTP di masyarakat,” ujarnya lagi. [mediaaceh.co]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s